Ratusan Peluru Aktif Ditemukan Di Poso

id peluru, amunisi, poso

Ratusan Peluru Aktif Ditemukan Di Poso

Palu, (Antarasulteng.com) - Sebanyak 624 butir peluru yang masih aktif ditemukan di Kelurahan Sayo, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dan saat kini amunisi tersebut diamankan di kantor polisi setempat.

Pejabat Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah Kompol Rostin Tumaloto di Palu, Senin, mengatakan ratusan peluru ukuran 5,56 milimeter itu awalnya ditemukan warga di sebuah sumur sedalam sekitar 2,5 meter, pada Minggu (1/9).

Warga kemudian melaporkan kejadian itu kepada aparat dan selanjutnya ratusan amunisi itu diambil dari sumur yang sudah tidak dipakai lagi.

Sebelum peluru itu diambil, petugas keamanan menguras air di dalam sumur yang memiliki diameter sekitar 80 cm.

Menurut Rostin, peluru itu masih ada di dalam sumur sehingga proses pencarian amunisi itu akan terus dilakukan.

Dia belum bisa mengetahui pemilik dan asal ratusan peluru itu.

"Masih akan dilakukan penyelidikan oleh petugas," kata mantan Kapolsek Palu Timur ini.

Namun demikian, dia mengatakan peluru itu diduga kuat berasal dari sisa-sisa konflik di Kabupaten Poso beberapa tahun silam.

Saat pengambilan peluru dari dalam sumur, di sekitar lokasi penemuan dijaga ketat oleh polisi dari Polres Poso dan Brimob Polda Sulawesi Tengah.

Beberapa waktu sebelumnya, polisi juga menemukan amunisi dan sejumlah senjata rakitan di Kabupaten Poso di perkebunan kakao milik warga.

Polisi juga mengimbau kepada masyarakat untuk menyerahkan senjata rakitan atau memberikan informasi keberadaan senjata untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.