Bupati Banggai tinjau posko pemeriksaan kesehatan perbatasan

id luwuk banggai,sulawesi tengah,herwin yatim,covid-19,posko kesehatan

Bupati Banggai  tinjau posko pemeriksaan kesehatan perbatasan

Bupati Banggai Herwin Yatim didampingi Wakil Bupati Mustar Labolo berbicara kepada tim kesehatan Posko Pemeriksaan Kesehatan Perbatasan di Desa Lembah Kramat, Kecamatan Toili Barat, Rabu (1/4). ANTARA/HO-Humas Pemda

Luwuk, Banggai (ANTARA) - Bupati Banggai Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo meninjau posko pemeriksaan kesehatan perbatasan di Desa Lembah Kramat, Kecamatan Toili Barat untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19 pada Rabu (1/4).

Di posko kesehatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Morowali Utara itu, Bupati Herwin dan Wabup Mustar melakukan pengecekan kesiapan alat dan personel.

Mereka juga melakukan evaluasi terhadap pemeriksaan yang dilakukan tim gugus tugas kecamatan kepada warga agar tetap dijalankan sesuai standar Kementerian Kesehatan RI.

Bupati Herwin mengungkapkan pemeriksaan kesehatan itu sebagai langkah pencegahan dilakukan Pemerintah Kabupaten Banggai terhadap penyebaran COVID-19.

Terkait isolasi daerah dari perbatasan, katanya, merupakan instruksi gubernur untuk membatasi keluar masuk orang di wilayah perbatasan kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah.

Meski belum ada warga terdeteksi positif COVID-19 di Kabupaten Banggai, Herwin meminta seluruh masyarakat tetap waspada, mengikuti imbauan pemerintah dengan mengurangi berkerumun serta menjaga kebersihan diri.

Langkah menjaga kesehatan, antara lain mencuci tangan, menjaga kebersihan, melaksanakan pembatasan sosial dan fisik, berolahraga, serta berjemur saat pagi hari.

"Menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan meningkatkan sistem imun tubuh merupakan hal terbaik dalam menambah antibodi yang diketahui efektif menangkal virus," katanya.

Pada kesempatan itu, ia mengapresiasi kinerja tim gugus tugas perbatasan dan tim gugus tugas kabupaten yang terus bekerja, termasuk mengedukasi, sosialisasi, hingga tindakan pencegahan penyebaran virus mematikan itu.

Pemerintah Kabupaten Banggai melakukan pembatasan jam masuk ke daerah itu dengan menetapkan penutupan jalan darat di setiap perbatasan mulai pukul 21.00-06.00 Wita setiap hari.

Pemeriksaan rutin bagi mereka yang keluar masuk juga dilaksanakan di posko kesehatan perbatasan untuk memastikan kesehatan setiap orang yang masuk atau keluar Kabupaten Banggai.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar