Petani di Sigi dapat bantuan tiga ton bibit bawang

id PERTANIAN SIGI,PETANI SIGI

Petani di Sigi dapat bantuan tiga ton bibit bawang

Pejabat Pemprov Sulteng, Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menanam bawang secara simbolis di wilayah transmigrasi Desa Bolupontu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Jumat. (ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Petani di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mendapat bantuan bawang sebanyak tiga ton dari pemerintah, sebagai upaya percepatan pemulihan petani dan sektor pertanian pascabencana gempa dan likuefaksi Sigi.

"Bantuan ini untuk pemulihan ekonomi petani pascabencana," ucap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, di Sigi, Jumat.

Bantuan bibit bawang itu diserahkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, yang diserahkan kepada Pemkab Sigi untuk selanjutnya diberikan kepada 300 petani di wilayah transmigrasi Desa Bolupontu, Kecamatan Sigi Biromaru.

Dengan bantuan itu, setiap warga petani mendapat 10 kilogram bibit bawang merah, yang akan ditanam di wilayah pertanian di wilayah transmigrasi Kecamatan Sigi Biromaru.

Selain bibit bawang, Pemerintah Provinsi Sulteng juga menyalurkan bantuan bibit mangga dan pepaya kepada petani di wilayah tersebut.

"Selain menanam di lahan pertanian mereka, kami juga berharap bibit tersebut dapat ditanam oleh petani di pekarangan rumah mereka," ujar Bupati Sigi.

Untuk memudahkan petani mengolah lahan pertanian dan menanam bibit tersebut, Mohammad Irwan mengaku memerintahkan Kepala Dinas Pertanian untuk segera menyalurkan bantuan alat mesin pertanian.

"Alat mesin pertanian nanti akan dibantu oleh Pemkab Sigi, sehingga petani tidak lagi mengolah lahan pertanian dengan cara manual dan tradisional," katanya.

Melalui proses ini pengolahan lahan pertanian dengan mesin pertanian, sebut dia, kerak tanah akan lebih mudah teraduk, sehingga udara dan cahaya matahari menyentuh tanah lebih dalam dan meningkatkan kesuburannya untuk mendapatkan hasil yang baik.

"Warga petani cukup menanam dan merawat bibit bawang yang ditanamnya serta didampingi oleh tim penyuluh pertanian, agar petani menikmati hasil panen yang baik dan melimpah," sebut Irwan.
Pejabat Pemprov Sulteng, Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menanam mangga secara simbolis di wilayah transmigrasi Desa Bolupontu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Jumat. (ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi)



 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar