DPRD Sulteng sarankan pemprov percepat realokasi anggaran COVID

id NILAM SARI,DPRD SULTENG,CORONA,COVID-19,NASDEM,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronaviru

DPRD Sulteng sarankan pemprov percepat realokasi anggaran COVID

Ketua DPRD Sulteng Dr Hj Nilam Sari Lawira (ANTARA/HO/Humas DPW NasDem Sulteng)

Realokasi anggaran sebaiknya diputuskan secara cepat
Palu (ANTARA) - Ketua DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng), Nilam Sari Lawira menyarankan kepada pemerintah setempat segera melakukan realokasi anggaran untuk menunjang percepatan pencegahan dan penanganan COVID-19 atau virus corona di daerah itu.

"Realokasi anggaran sebaiknya diputuskan secara cepat," ucap Nilam Sari Lawira di Palu, Sabtu.

Dalam keterangan tertulisnya itu Nilam Sari Lawira menyampaikan hal itu lewat rapat virtual lintas komisi di DPRD Sulteng dengan mitra kerja, meliputi BPBD, Dinas Kesehatan, rumah sakit umum, dan Polda Sulteng pada, Jumat (3/4).

Nilam Sari yang merupakan politisi NasDem menguraikan, realokasi penting dilakukan apalagi menyangkut dengan skala prioritas dalam pencegahan dan penanganan COVID-19 seperti pengadaan alat kesehatan, alat pelindung diri (APD) dan sabuk pengaman sosial berdasarkan tingkat risiko sosial ekonomi yang telah diperhitungkan oleh Satgas Penanganan COVID-19.

Dalam rapat itu, Nilam juga menyarankan kepada pemerintah daerah Sulawesi Tengah agar mempercepat pengadaan alat laboratorium rapid test. Hal itu untuk mempercepat deteksi dini dan diagnosis status pasien COVID-19.

Menurut dia, alat itu penting, agar tindakan medis bisa berjalan cepat sesuai protokol penanganan COVID-19.

"Sebab, hal ini berkaitan erat dengan kebutuhan fasilitas alat kesehatan yang dimiliki oleh setiap rumah sakit. Tentu saja bergantung dengan hasil tes dan modeling rasio korban COVID-19," katanya.

Sebab, kalau penanganan menunggu hasil laboratorium dari Jakarta, memiliki risiko pada penyebaran wabah.

"Misalnya, kelambatan hasil tes bisa berdampak pada pengurusan korban meninggal sesuai protokol penanganan COVID-19 atau berisiko tinggi pada tingkat penyebaran virus," sebutnya.

Nilam yang merupakan istri dari Wakil Ketua Umum DPP NasDem Ahmad Ali menyampaikan atensi khusus pada semua anggota DPRD Sulteng, untuk mendukung semua upaya pemerintah karena ini merupakan misi kemanusiaan yang memerlukan saling pengertian tinggi. Bukan saja berkaitan dengan realokasi anggaran tetapi juga dukungan moril, dan semangat bagi terciptanya solidaritas melawan COVID-19.

Baca juga: Pengusaha di Sulteng diminta bantu penanganan COVID-19
Baca juga: Polda Sulteng bakal mengelar operasi Keselamatan Tinombala COVID-19
Baca juga: BPOM Palu ingatkan masyarakat jangan asal meracik hand sanitizer