Pasukan TNI Korem Tadulako donorkan darah bantu pasien COVID-19

id Danrem, donor, darah

Pasukan TNI Korem Tadulako donorkan darah bantu pasien COVID-19

Komandan Korem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita, saat melaksanakan donor darah di Aula Manggala Sakti Makorem, di Palu, Senin (6/4/2020).ANTARA/HO-Kiriman Kapenrem.

Dengan rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar. Sirkulasi sel darah yang rutin tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk virus corona

Palu (ANTARA) - Personel Komando Resor Militer (Korem) 132/Tadulako menggelar kegiatan sosial donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Tengah,untuk selanjutnya kepentingan transfusi darah bagi pasien terpapar COVID-19.


"Korem 132/Tadulako akan terus berupaya melakukan hal positif dan bermanfaat bagi masyarakat, salah satu cara yang kami pilih adalah dengan aksi donor darah," kata Komandan Korem 132/Tadulako Kolonel Inf Agus Sasmita, dalam siaran pers Kapenrem, di Palu, Senin.

Danrem mengatakan donor darah diambil dari personel Korem 132/Tadulako beserta jajarannya  dilaksanakan secara sukarela, di Aula Manggala Sakti Makorem, namun tetap sesuai himbauan pemerintah terkiat upaya pencegahan COVID-19.

Ia mengatakan hasil pengambilan darah ini nantinya akan disimpan di PMI untuk digunakan dalam transfusi darah bagi yang membutuhkannya, termasuk bagi pasien yang mungkin dinyatakan positif COVID-19.

Danrem mengatakan dengan adanya program pembatasan sosial yang sedang dilakukan oleh pemerintah saat ini pasti mempengaruhi ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia termasuk PMI Sulawesi Tengah.

Sehingga katanya, aksi donor darah yang dilakukan oleh jajaran Korem 132/Tadulako diharapkan bisa membantu PMI dalam rangka menjaga ketersediaan darah yang sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat.

Di sisi lain kata Agus, donor darah bermanfaat bagi kesehatan, karena adanya produksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang.

"Dengan rutin melakukan donor darah, maka tubuh akan terpicu untuk melakukan pembentukan darah baru yang segar. Sirkulasi sel darah yang rutin tentunya akan membantu tubuh meningkatkan kekebalan dari berbagai serangan virus termasuk virus corona," ujarnya.

Aksi donor darah ini, tidak hanya dilakukan oleh jajaran Korem 132/Tadulako saja, tapi juga melibatkan ibu-ibu Persit yang dilakukan secara dari rumah ke rumah, karena himbauan pemerintah terkait upaya mencegah persebaran COVID-19.