Polri gunakan drone cek suhu tubuh pengendara ojol

id Istiono,Cek suhu badan menggunakan drone,Covid 19

Polri gunakan drone cek suhu tubuh pengendara ojol

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (tengah) memimpin Operasi Keselamatan dan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19 dengan menggunakan pesawat nirawak untuk mendeteksi suhu tubuh para pengguna jalan, khususnya pengemudi ojek online (OJOL) di kawasan Senayan, Jakarta. (ANTARA/ HO-Polri)

...operasi kami gelar dengan mengutamakan keselamatan dari bahaya virus COVID-19, seperti yang kita lakukan saat ini dengan menggunakan drone
Jakarta (ANTARA) - Korlantas Polri menggelar Operasi Keselamatan dan Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19 dengan menggunakan pesawat nirawak atau drone untuk mendeteksi suhu tubuh para pengguna jalan, khususnya pengemudi ojek online (OJOL) di kawasan Senayan, Jakarta.

Langkah tersebut ditempuh mengingat OJOL masih tetap bekerja meskipun pemerintah telah mengeluarkan berbagai aturan pembatasan di masa pandemi virus COVID-19.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Jakarta, Senin, mengatakan pesawat nirawak ini juga dapat difungsikan untuk memberikan edukasi physical distancing melalui pengeras suara untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang cara-cara untuk mencegah agar tidak tertular COVID-19.

"Pelaksanaan Operasi Keselamatan 2020, lebih mengedepankan upaya preventif. Di tengah pandemi virus COVID-19 saat ini, operasi kami gelar dengan mengutamakan keselamatan dari bahaya virus COVID-19, seperti yang kita lakukan saat ini dengan menggunakan drone," kata Istiono.

Istiono menambahkan, bahwa pesawat nirawak juga nantinya akan digunakan di beberapa wilayah dan tempat-tempat kerumunan untuk mengecek langsung suhu tubuh masyarakat yang berada di sana.

"Alat ini sangat membantu kami, ini akan terus kami gunakan selama musim kejadian luar biasa atau KLB, nantinya bila ada suhu tubuh di atas 38 derajat akan kami rekomendasikan untuk diambil langkah cepat penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19," kata mantan Kapolda Babel ini.

Korlantas Polri bersama Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Keselamatan dan Pencegahan Penyebaran Virus COVID-19 mulai 6 April sampai 19 April 2020.

Dalam operasi tersebut, Polri melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya para pengguna jalan tentang pelaksanaan Operasi Keselamatan yang juga sebagai upaya cipta kondisi jelang pelaksanaan Operasi Ketupat nanti.

Selain melakukan pengecekan suhu tubuh, operasi yang turut dihadiri oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo, Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin dan Direktur Kelembagaan Bank BRI Agus Nursanto ini juga memberikan bantuan sembako kepada para pengemudi ojol usai diperiksa kesehatannya.