Eks transmigran di Sigi dapat bantuan dua ton beras

id PEMKAB SIGI,TRANSMIGRASI,BULUPOUNTU,BUPATI SIGI,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavir

Eks transmigran di Sigi dapat bantuan dua ton beras

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyerahkan bantuan beras kepada warga transmigrasi di Desa Bulupountu, Kecamatan Sigi Biromaru, Rabu (8/4). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Warga eks transmigrasi di Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (8/4) mendapat bantuan beras sebanyak dua ton dari pemerintah kabupaten setempat untuk pemenuhan kebutuhan pangan selama masa tanggap darurat pencegahan penyebaran virus corona.

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta bersama beberapa kepala organisasi perangkat daerah setempat menyerahkan bantuan pangan itu kepada 100 keluarga atau 383 jiwa warga transmigrasi di Desa Bulupountu, Kecamatan Sigi Biromaru.

Selain menyerahkan bantuan beras sebanyak dua ton, Bupati juga memberikan bantuan bibit tanaman sayur-mayur kepada warga untuk dikembangkan.

Desa Bulupountu merupakan daerah penempatan transmigrasi yang di dukung dengan ketersediaan lahan pertanian yang cukup memadai untuk kegiatan bercocok tanam. Namun sejak bencana alam 28 September 2018, petani di situ kesulitan mengembangkan pertanian karena rusaknya saluran irigasi Gumbasa yang mampu mengairi sawah 8.000 hektare.

Olehnya, Pemkab Sigi melalui Dinas Ketahanan Pangan bekerja sama dengan Dinas Transmigrasi Kabupaten Sigi, merancang program bantuan pangan bagi warga yang bermukim di lokasi eks transmigran yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Kota Palu itu.

"Penyerahan bantuan pangan merupakan langkah pemenuhan kebutuhan masyarakat di masa tanggap darurat pencegahan COVID-19 yang melanda Indonesia terkhusus di Kabupaten Sigi," ungkap bupati.

Bupati Irwan Lapatta terus mengingatkan warga untuk aktif dalam pencegahan penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut seperti membiasakan hidup bersih dan sehat, rajin mencuci tangan, dan tetap tinggal di rumah sampai batas waktu yang akan ditetapkan pemerintah.

Sebelumnya, warga transmigrasi di Desa Bulupountu juga mendapat bantuan satu unit alat mesin pertanian berupa John Deere dan bibit bawang.

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyampaikan arahan sebelum menyerahkan bantuan beras kepada warga transmigrasi di Desa Bulupountu, Kecamatan Sigi Biromaru, Rabu (8/4). (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar