Pemberian imunisasi upaya Pemkab Parimo tekan kasus kekerdilan anak

id Stunting, parimo, parigi moutong

Pemberian imunisasi upaya Pemkab Parimo tekan kasus kekerdilan anak

Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Parigi Moutong Asmarafia. (ANTARA/HO-Pribadi)

Parigi (ANTARA) - Pemberian imunisasi kepada bayi dan anak sebagai upaya pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, untuk menekan angka kasus kekerdilan atau 'stunting' di kabupaten itu.

Kepala Bidang Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Parigi Moutong Asmarafia yang dihubungi, di Parigi, Kamis, mengatakan pemberian imunisasi bagian dari program kegiatan penanganan stunting di kabupaten itu.

Sebab, kata dia, penurunan angka kasus kekerdilan menjadi program prioritas pemerintah setempat degan intervensi sejumlah kegiatan yang melibatkan lintas instansi.

"Pemberian imunisasi wajib dilakukan untuk meningkatkan antibodi anak, selain itu untuk mencegah penularan penyakit lainnya," ujar Asmarafia.

Menurut dia, penanganan stunting dari segi kesehatan harus melibatkan setiap unit pelayanan kesehatan untuk memenuhi asupan gizi anak dan ibu hamil, baik melalui intervensi kegiatan atau pun dilakukan secara mandiri.

Di samping itu, masyarakat juga diminta agar membiasakan diri berperilaku hidup bersih dan sehat sebagai bentuk pencegahan dini.

"Menekan angka kekerdilan anak dibutuhkan komitmen bersama dan keterlibatan semua pihak termasuk masyarakat. Jika para pihak bersinergi maka masalah ini bisa diatasi, demikian sebaliknya," ucapnya.