19 warga Sulteng terinfeksi COVID-19

id Pasigala ,Sultenh ,Sulteng ,Antara ,Sandi ,Corona

19 warga Sulteng  terinfeksi COVID-19

Seorang warga berdiri di dekat baliho berisi informasi gejala dan cara pencegahan COVID-19 di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (10/4/2020). Pusdatin COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah menyebutkan hingga Jumat (10/4/2020) jumlah terkonfirmasi atau positif COVID-19 di Sulawesi Tengah bertambah delapan kasus menjadi 14 orang. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj.

Palu (ANTARA) - Warga Sulawesi Tengah yang terinfeksi virus corona atau COVID-19 per 11 April 2020 telah mencapai 19 orang.

"Hari ini bertambah lima warga yang positif terinfeksi COVID-19 sehingga totalnya menjadi 19 orang dan sudah sesuai dengan rilis data Gugus COVID-19 Nasional," kata Juru Bicara Pusat Datan dan Informasi Bencana COVID-19 Pemprov Sulteng Muhammad Haris Kariming di Palu, Sabtu sore.

Ia menjelaskan lima orang tersebut merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 yang tersebar di sejumlah daerah di Sulteng dan berdasarkan hasil tes swab pertama di Laboratorium Kementerian Kesehatan RI Regional Makassar mereka positif terinfeksi.

"Satu PDP rujukan dari RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Morowali, Kabupaten Morowali yang di rawat di RSUD Undata, Kota Palu," ujarnya.

Satu lagi, lanjutnya, merupakan PDP rujukan dari RS Buol di Kabupaten Buol yang dirawat di RSUD Mokopido Kabupaten Tolitoli, tiga PDP dirawat di Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Kota Palu.

Menutut Haris, bertambahnya warga Sulteng yang terinfeksi COVID-19 tidak lepas dari masih kurang disiplinnya masyarakat untuk membantu pemerintah daerah dalam memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus tersebut.

"Masih kurang disiplin masyarakat Sulteng berpartisipasi dalam penanganan COVID-19 sehingga pemerintah daerah bersama TNI Polri harus lebih tegas agar mematuhi imbauan pemerintah seperti social distancing," terangnya.

Ia berharap masyarakat lebih disiplin melaksanakan social distancing, menggunakan masker, menerapkan pol hidup bersih dan sehat serta tetap di rumah saja.