Semua Lembaga Negara Siaga Saat Topan Danas Bergerak Dekati Filipina

id topan, Filipina, angin

Semua Lembaga Negara Siaga Saat Topan Danas Bergerak Dekati Filipina

Manila, (Antarasulteng.com) - Pemerintah Filipina memerintahkan semua lembaga negara yang bersangkutan dengan daerah untuk siaga  dan proaktif melaksanakan evakuasi jika diperlukan saat Topan Danas (Ramil) bergerak mendekati Wilayah Tanggungjawab Filipina Ahad petang.

Menurut badan cuaca negara pada pukul 19.00 waktu setempat Ahad, mata Topan Danas  berdasarkan data satelit dan data permukaan terletak pada 1.080 kilometer di timur-timur laut dari Itbayat di provinsi utara Batanes.

Gangguan cuaca memiliki kecepatan angin maksimum 130 kilometer per jam (kph) di dekat pusat dan hembusan hingga 160 kilometer per jam.  Danas juga diperkirakan akan bergerak ke barat laut dengan kecepatan  26 kilometer per jam.

Direktur Eksekutif Dewan Pengurangan Risiko Bencana Nasional dan Manajemen (NDRRMC)  Eduardo del Rosario mengatakan bahwa instansi-instansi yang bersangkutan disarankan untuk mengambil tindakan yang tepat.

"Dalam rangka untuk lebih menginformasikan/memperingatkan masyarakat, Anda diingatkan untuk menyebarkan (informasi) ini melalui para pemimpin lokal/masyarakat dan melalui media lokal, termasuk stasiun-stasiun radio komunitas," katanya.

Dia mengatakan bahwa upaya lokal akan melengkapi dan memperkuat upaya-upaya di tingkat nasional.

"Penekanan harus pada tindakan-tindakan proaktif - evakuasi daripada penyelamatan. Mari kita bekerja keras bertujuan untuk nol korban," kata Del Rosario.

Topan Danas diperkirakan akan membawa curah hujan 7,5-15 milimeter per jam dalam radius 550 kilometer, kata NDRRMC, dan  menambahkan bahwa perjalanan laut berisiko di sekitar utara dan timur pesisir  Luzon utara.
  (Antara/Xinhua-0ANA)