Uskup Agung Jakarta serukan penguatan solidaritas hadapi COVID-19

id uskup agung jakarta,wabah covid,covid 19

Uskup Agung Jakarta serukan penguatan solidaritas hadapi COVID-19

Arsip Foto. Uskup Agung Jakarta Monseigneur Ignatius Suharyo. ANTARA/Anom Prihantoro/aa.

Jakarta (ANTARA) - Uskup Keuskupan Agung Jakarta Ignatius Suharyo, yang juga menjabat sebagai Ketua Konferensi Waligereja Indonesia, menyerukan pentingnya penguatan solidaritas dalam menghadapi pandemi COVID-19. 

Suharyo mengajak seluruh elemen masyarakat memperkuat solidaritas kemanusiaan dalam membantu pemerintah Indonesia mengatasi wabah akibat  penularan virus corona tipe baru.

"Wabah ini adalah tantangan kemanusiaan tetapi juga sekaligus tantangan iman yang mesti kita tanggapi," katanya dalam pesan video yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat.

Ia mengemukakan bahwa wabah COVID-19 telah memunculkan solidaritas kemanusiaan.

"Saya yakin solidaritas itu didorong oleh iman yang berbeda dari berbagai komunitas iman. Ini pantas disyukuri karena bagaimana pun juga di dalam keadaan seperti ini kita mesti sehati-sejiwa bersama-sama menghadapi kenyataan ini sehingga pada waktunya nanti kita berharap tidak terlalu lama keadaan menjadi pulih kembali," katanya.

Uskup Agung Jakarta mengapresiasi upaya pemerintah pusat hingga daerah dalam melindungi warga dan menanggulangi wabah COVID-19 serta menyampaikan penghargaan kepada tenaga medis dan sukarelawan yang terlibat dalam penanggulangan COVID-19.

Ia mengatakan, seluruh masyarakat Indonesia harus bersatu dan bergotong royong mendukung upaya untuk memutus rantai penularan dan penyebaran COVID-19.

Selain itu, Uskup Agung Jakarta menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan kepada warga Muslim. 

"Semoga bulan Ramadhan ini dan ibadah puasa yang dijalankan oleh saudari-saudaraku umat Muslim menjadi berkat bagi bangsa dan negara kita bahkan lebih dari pada itu menjadi berkat bagi kemanusiaan," katanya.