Tarian Kolosal Akan Meriahkan Penutupan MTQ

id MTQ, Ambon, Tarian

Tarian Kolosal Akan Meriahkan Penutupan MTQ

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Izaac Mulyawan)

Ambon - Tarian kolosal yang mengilustrasikan masuknya agama Islam ke Maluku pada abad ke-12 akan memeriahkan penutupan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXIV oleh Wapres Boediono di Ambon pada Jumat (15/6) malam.
     
"Ratusan orang pelajar SMA dan SMK se-Kota Ambon telah dilatih untuk menampilkan tarian yang memadukan musik hadrah dan klasik itu," kata Ketua Harian Panitia Daerah MTQN XXIV Rahman Soumena di Ambon, Rabu.
     
Ratusan orang penari tersebut telah menjalani uji coba menjelang pembukaan MTQN XXIV oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Ambon pada Jumat (8/6) malam pekan lalu.
     
"Jadi, uji coba sudah berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, jelang pembukaan MTQN," ujar Rahman.
     
Pada acara pembukaan MTQN XXIV ditampilkan tarian kolosal antarumat yang menggambarkan berlangsung pembangunan masjid dan gereja,  juga dibawakan ratusan orang pelajar SMA dan SMK se-Kota Ambon.
     
"Perhelatan MTQN XXIV ini melibatkan generasi muda agar mereka sejak dini memahami jalinan keharmonisan antarumat beragama sebagai aset budaya bangsa Indonesia yang patut dilestarikan karena merupakan warisan leluhur," ujarnya.
     
Grup musik The Sagoe's pimpinan Frangky Mewar yang mengiringi defile kafilah saat pembukaan kegiatan umat Islam dua tahunan tersebut juga siap menyemarakkan malam penutupan..
     
The Sagoe's melibatkan 24 artis lokal dari dua komunitas dengan latihan selama empat bulan untuk menampilkan lagu khas daerah dari masing-masing provinsi. (L005)