Sidang tahunan legislatif China akan digelar 22 Mei

id sidang legislatif China, sidang tahunan NPC,NPC China,kongres China, sidang legislatif China ditunda

Sidang tahunan legislatif China akan digelar 22 Mei

Panitia mengambil gambar mereka di Lapangan Tiananmen saat sidang pendahuluan menjelang Kongres Rakyat Nasional (NPC), sidang tahunan parlemen China, di Balai Agung Rakyat, Beijing, China, Senin (4/3/2019). (REUTERS/JASON LEE)

Jakarta (ANTARA) - Sidang tahunan Kongres Rakyat Nasional (NPC) sebagai satu-satunya lembaga legislatif di China akan digelar pada 22 Mei.

Keputusan tersebut diambil Rabu atau pada hari terakhir sidang Komite Tetap NPC yang digelar sejak Jumat (24/4).

Seperti diberitakan ANTARA sebelumnya, pada sidang Komite Tetap NPC 24 Februari memutuskan penundaaan sidang tahunan yang biasa digelar setiap Maret itu akibat wabah COVID-19 yang telah menelan ribuan nyawa warga China itu.

Sebelumnya panitia sudah melakukan berbagai persiapan menjelang sidang umum tersebut, termasuk dengan mengedarkan formulir pendaftaran liputan kepada sejumlah media asing.

NPC merupakan satu-satunya lembaga legislatif China yang beranggotakan 2.980 orang sehingga menjadikannya sebagai badan legislatif dengan jumlah anggota terbesar di dunia.

Berdasarkan Konstitusi China, NPC merupakan badan legislatif unikameral yang berwenang membuat undang-undang, mengawasi roda pemerintah, dan memilih pejabat tinggi negara.

Anggota NPC dipilih untuk masa jabatan lima tahun. Setiap tahun mereka bersidang pada bulan Maret di Balai Agung Rakyat yang berada di sebelah barat Lapangan Tian'anmen, Beijing.

Sidang tahunan NPC digelar bersamaan dengan pertemuan Komite Nasional Konferensi Penasihat Politik Rakyat (CPPCC) sebagai badan konsultatif yang anggotanya mewakili beberapa kelompok sosial masyarakat.

Biasanya sidang tahunan NPC digelar pada 10-14 Maret setiap tahun.