Penyuluh pertanian Sigi dapat bantuan sepeda motor

id Pertanian,Penyuluh pertanian,Pemkab Sigi,Bupati Sigi,Penyuluh Sigi

Penyuluh pertanian Sigi  dapat bantuan sepeda motor

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyerahkan bantuan kendaraan operasional kepada penyuluh pertanian secara simbolis. (ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi)

Palu (ANTARA) - Penyuluh pertanian di wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mendapat bantuan sepeda motor untuk menunjang kegiatan penyuluhan pertanian yang dilakukan oleh penyuluh, demi meningkatkan produksi sektor pertanian pascabencana gempa dan likuefaksi yang menghantam wilayah itu pada 28 September 2018 silam.

"Bantuan ini merupakan upaya untuk membantu penyuluh dalam melakukan kerja-kerja penyuluhan," ucap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, di Sigi, Sulteng, Rabu.

Pemkab Sigi menyediakan 45 unit sepeda motor berbagai jenis dan merek, yang akan diberikan kepada penyuluh pertanian yang ada di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se-Kabupaten Sigi.

Kendaraan itu, mulai didistribusikan kepada penyuluh pertanian pada Selasa (28/4), diserahkan langsung oleh Bupati Mohammad Irwan Lapatta untuk 13 BPP.

Selain kendaraan roda dua, Pemkab juga memberikan 20 unit mesin kultivator (mesin pengolahan tanah) untuk penyuluh pertanian, namun hanya diperuntukkan kepada delapan BPP di Sigi.

"Bantuan ini bersumber dari DAK fisik dan telah tersedia sebelum pandemi COVID-19 dan baru diserahkan secara simbolis," katanya.

Bupati berharap agar penyuluh pertanian dapat memanfaatkan bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah daerah, dengan sebaik-baiknya untuk memajukan pertanian di Kabupaten Sigi.


Kepada penyuluh pertanian, Bupati mengingatkan bahwa sektor pertanian merupakan sektor unggulan Kabupaten Sigi.

Untuk itu, ujar dia, dibutuhkan peran semua pihak termasuk penyuluh pertanian agar menjadikan Sigi sebagai penyokong pangan dari sektor pertanian.

"Bahkan, Pemkab Sigi berharap pertanian Sigi dan petani dapat berdaya saing dalam sektor agrobisnis serta dapat menopang perekonomian daerah berbasis kerakyatan," ujarnya.


 
Kendaraan operasional yang akan diserahkan kepada penyuluh pertanian di Sigi. (ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi)