Pasukan Iran Bunuh Tiga Gerilyawan Di Daerah Kurdi

id pasukan,iran

Pasukan Iran Bunuh Tiga Gerilyawan Di Daerah Kurdi

ilustrasi (antara)

Teheran, (Antarsulteng.com) - Seorang komandan Pengawal Revolusi Iran mengatakan pasukannya membunuh tiga gerilyawan dan menahan tiga lainnya di satu daerah barat, yang berbatasan dengan Kurdistan Irak, kata laporan media, Ahad.

"Dalam baku tembak yang terjadi pada Jumat di daerah Baneh, tiga anggota satu kelompok teror tewas dan dua lainnya ditahan," kata kantor berita Mehr, yang mengutip penyataan Brigjen Mohammad Hassan Rajabi.

Seorang pria lainnya ditahan pada Ahad pagi.

Pada 10 Oktober, gerilyawan membunuh enam anggota pasukan elit Pengawal Revolusi dalam baku tembak di Baneh, satu daerah yang berpenduduk etnik Kurdi di Iran Barat-laut, kata laporan-laporan media.

Pada April tahun lalu gerilyawan Kurdi membunuh empat anggota Pengawal Revolusi d daerah itu.

Tujuh bulan sebelumnya, Pengawal Revolusi itu mengumumkan bahwa pihaknya telah menghalau gerilyawan Partai Hidup Bebas Kurdistan atau PJAK, dari daerah-daerah perbatasan wilayah itu.

Iran pada Sabtu mengeksekusi 16 gerilyawan, setelah para pria bersenjata membunuh setidaknya 14 penjaga perbatasan di pegunungan Sistan-Baluchistan, satu provinsi  di Iran Tenggara,

Provinsi Sistan-Baluchistan dan Kurdistan Iran banyak dihuni kelompok minoritas Sunni, tidak seperti daerah-daerah lain Iran -- yang berpenduduk mayoritas Syiah itu.Antara/AFP

Penerjemah:R. Nurdin