Menperin: buruh tulang punggung perekonomian hadapi COVID-19

id menperin,hari buruh,tulang punggung perekonomian

Menperin: buruh tulang punggung perekonomian hadapi COVID-19

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. ANTARA/HO Kemenperin/am. (ANTARA/HO Kemenperin)

Tetap bersemangat dalam memberikan pengabdian kepada bangsa negara, melalui tempat bekerja masing-masing, di tengah-tengah kondisi sangat sulit yang sedang dihadapi bangsa tercinta ini

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengharapkan buruh yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional tetap bersemangat untuk memberikan pengabdian di tempat kerja masing-masing meski terjadi pandemi COVID-19.

“Tetap bersemangat dalam memberikan pengabdian kepada bangsa negara, melalui tempat bekerja masing-masing, di tengah-tengah kondisi sangat sulit yang sedang dihadapi bangsa tercinta ini,” kata Menperin kepada Antara di Jakarta, Jumat.
 

Pada perayaan Hari Buruh Nasional, Menperin juga menyampaikan bahwa buruh dan pekerja sebagai salah satu komponen bangsa, diharapkan mampu bekerja sama dan mengedepankan solidaritas dengan komponen bangsa lainnya, agar Indonesia bisa keluar sebagai pemenang dalam memerangi COVID-19.

"Yang saya maksud sebagai pemenang adalah termasuk ketika COVID-19 ini hilang dari bumi pertiwi, Indonesia akan menjadi negara berhasil secara cepat melaksanakan pemulihan di segala bidang, termasuk dan khususnya di bidang ekonomi," ujar Menperin.
 

Diketahui, pada 2018, sektor industri manufaktur menyerap tenaga kerja sebanyak 18,25 juta orang. Jumlah tersebut berkontribusi sebesar 14,72 persen terhadap total tenaga kerja nasional.

Berdasarkan catatan Kementerian Perindustrian, selama periode empat tahun terakhir hingga 2018, penyerapan tenaga kerja di sektor industri terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2015, industri membuka lapangan kerja sebanyak 15,54 juta orang, kemudian naik di tahun 2016 menjadi 15,97 juta orang.