Tingkatkan layanan informasi, KPU Sulteng luncurkan aplikasi si MaCACA

id Luwuk Banggai, Palu,Sulawesi Tengah,KPU Sulteng,KPU Banggai,si Macaca

Tingkatkan layanan informasi,  KPU Sulteng luncurkan aplikasi si MaCACA

KPU Sulteng saat meluncurkan aplikasi si MaCACA untuk memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat di tengah terpaan pendemi COVID-19 beberapa waktu lalu. [ANTARA/ HO-KPU Sulteng]

Palu (ANTARA) - Dalam rangka pelayanan informasi publik Pemilu dan kelembagaan KPU Provinsi Sulawesi Tengah di tengah terpaan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), anggota KPU RI Dewa Raka Sandi melalui aplikasi zoom meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Sosialisasi dan Pratisipasi Masyarakat (si MaCACA) sekaligus Rumah Pintar Pemilu (RPP) TV, Kamis (30/4).



Kegiatan yang dilaksanakan via daring itu diikuti oleh seluruh anggota KPU Kabupaten/ Kota se Sulteng yang membidangi Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat.



Dari KPU Provinsi sendiri dihadiri oleh Ketua Tanwir Lamaming dan Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Sahran Raden, serta seluruh anggota KPU Provinsi Sulteng di tempat masing- masing.



Dalam arahannya ketika meluncurkan aplikasi Si MACACA dan RPP TV, Dewa Raka Sandi berpesan bahwa RPP harus bisa melaksanakan persiapan mengantisipasi kelanjutan tahapan apabila pelaksanaan pemilihan dilaksanakan di tengah situasi COVID-19. Selain itu, RPP harus menjadi pusat pendidikan khusus bagi para relawan demokrasi dan masyarakat pemerhati pemilu serta seluruh para penyelenggara.



Di akhir penyampaian Dewa Raka Sandi yang juga adalah mantan Ketua KPU Bali berharap bahwa RPP adalah sarana untuk mendekatkan KPU dengan Masyarakat.



Adapun Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah yang membidangi Divisi Sosdiklih Parmas, Sahran Raden menyampaikan bahwa RPP TV dan Aplikasi Si MaCACA di desain sebagai sarana dalam peningkatan partisipasi pemilih sekaligus sebagai pendidikan pemilih untuk menginformasikan tahapan dan non tahapan pemilu kepada masyarakat.



Di RPP TV juga akan di gunakan oleh KPU Propinsi Sulteng untuk menyampaikan informasi kepemiluan melalui dialog atau talk show dengan mengundang pihak pihak yang berkompenten dan akan di siarkan secara lansung melalui Chanel You Tube dan FB KPU Provinsi Sulawesi Tengah,



Sedangkan aplikasi Si MaCACA yang berisi konten sosialisasi, kegiatan, kelembagaan dan hasil pemilu maupun pemilihan dapat di download di Play Store.



Sebelum kegiatan ditutup, kurang lebih satu jam dilanjutkan dengan dialog bertemakan 'Tantangan Peningakatan Partisipasi masyarakat pada Pemilihan Tahun 2020 di Era COVID-19' dengan narasumber Anggota KPU RI Dewa Raka Sandi, Ketua KPU Propinsi Sulteng Tanwir Lamaming dan Anggota KPU Sulteng Sahran Raden.*