Kemarin, mulai dari inflasi hingga Perppu COVID-19 menjadi UU

id Inflasi,Kebun vertikal,Manufaktur,Sawah,Perppu,COVID-19

Kemarin, mulai dari inflasi hingga Perppu COVID-19 menjadi UU

Tangkapan layar siaran langsung BPS Jakarta terkait inflasi bulan April 2020. ANTARA/Livia Kristianti.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Senin (4/5) mulai dari inflasi April 2020 hingga Badan Anggaran (Banggar) DPR RI menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 untuk penanganan COVID-19 ditetapkan menjadi undang-undang.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.

1. BPS: Inflasi April 2020 dipengaruhi kenaikan harga tiga komoditas

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat inflasi pada April 2020 sebesar 0,08 persen dipengaruhi oleh kenaikan harga tiga komoditas yaitu bawang merah, emas perhiasan dan gula pasir.

"Inflasi April, penyebabnya kenaikan harga bawang merah, emas perhiasan dan gula pasir," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya di sini

2. Pegiat dorong masyarakat kebun vertikal selama COVID-19

Pegiat Indonesia Berkebun Winartania mendorong masyarakat untuk mengembangkan pertanian atau kebun vertikal di rumah guna mengisi kegiatan tetap tinggal di rumah selama pandemi COVID-19.

"Kita bisa menanam ke atas vertikal, tidak perlu lahan yang luas tapi bisa menanam ke atas, bisa ditanam di dinding," kata Winartania dalam konferensi video yang bertema Urban Farming Saat Pandemi COVID-19 yang diadakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya di sini

3. Menkeu: Indeks manufaktur Indonesia terendah sepanjang sejarah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut indeks industri manufaktur Industri yang diukur dari purchasing managers index (PMI) tercatat mencapai posisi terendah sepanjang sejarah sejak 201, yakni 27,5 per April 2020 atau turun dibandingkan indeks Maret 2020 yang mencapai 45,3 karena terdampak COVID-19.

“Ini paling dalam dibandingkan (negara) ASEAN dan bahkan terhadap Jepang dan Korea Selatan,” katanya dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI secara virtual di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya di sini

4. Kementan persiapkan cetak sawah 600.000 hektar bersama BUMN

Sejalan dengan instruksi Presiden Joko Widodo, Kementerian Pertanian tengah mempersiapkan kerja sama pembukaan lahan pertanian atau cetak sawah seluas 600.000 hektare yang akan digarap bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebutkan bahwa Presiden Jokowi telah meminta agar BUMN dapat mengoptimalisasi lahan gambut menjadi sawah sebagai antisipasi terjadinya kekeringan dan ancaman kelangkaan pangan, seperti yang diperingatkan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

Berita selengkapnya di sini

5. Banggar DPR setujui Perppu COVID-19 jadi UU

Badan Anggaran (Banggar) DPR RI menerima dan menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 untuk penanganan COVID-19 ditetapkan menjadi undang-undang.

Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah mengetok palu tanda menyetujui Perppu Nomor 1 tahun 2020 menjadi undang-undang dalam rapat kerja secara virtual dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Hukum dan HAM di Jakarta, Senin malam.

Berita selengkapnya di sini
 

Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar