Sembilan kabupaten di Sulteng mulai salurkan BLT Dana Desa

id dinas pmd,blt dana desa,dana desa,desa,blt,corona

Sembilan kabupaten di Sulteng  mulai salurkan BLT Dana Desa

Dinas PMD Sulawesi Tengah menggelar rapar koordinasi evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, di Palu 13/3. ((ANTARA/HO/Humas PMD Sulteng Nurul))

Palu (ANTARA) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulawesi Tengah, mengemukakan bahwa sembilan kabupaten di provinsi ini telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat desa sebagai bentuk penguatan jaring pengaman sosial untuk mengatasi dampak penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Penyaluran BLT sudah mulai dilakukan di beberapa kabupaten seperti Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, Tojo Una-una, Banggai, Banggai Laut, Tolitoli, Buol, Sigi serta Morowali Utara," ucap Kepala Dinas PMD Sulteng Zubair di Palu, Selasa.

Zubair mengemukakan, berdasarkan laporan para pendamping desa kepada Dinas PMD Sulteng, kabupaten-kabupaten tersebut mulai menyalurkan BLT Dana Desa.

Di Sulteng terdapat 12 kabupaten penerima dana desa, sembilan kabupaten telah mulai melakukan pencairan dan penyaluran BLT Dana Desa.

Kabupaten-kabupaten yang telah melakukan pencairan dan penyaluran, salah satunya karena desa di kabupaten tersebut telah melakukan perubahan APBDes sesuai dengan edaran menteri Desa PDTT Nomor 8 Tahun 2020 tentang perubahan prioritas Dana Desa tahun 2020.

Sementara kabupaten-kabupaten yang belum melakukan pencairan dana desa, hal itu karena desa di kabupaten itu belum melakukan perubahan APBDes sesuai edaran Menteri Desa. 

"Masih ada desa di kabupaten yang belum melakukan musyawarah, ini yang menjadi halangan dan masalah," sebutnya.

Kemendes-PDTT merilis total dana desa yang akan dialihkan menjadi bantuan langsung tunai mencapai Rp24,47 triliun atau sekitar 30 persen dari total anggaran dana desa yang dialokasikan dalam APBN 2020 sebesar Rp72 triliun.

Berkaitan dengan itu, di Sulteng, jumlah Dana Desa tahun 2020 mencapai Rp1,610 triliun. Dinas PMD Sulteng mencatat kurang lebih Rp400 Miliar Dana Desa yang akan dialihkan untuk BLT.

Kemendes-PDTT juga merilis bahwa keluarga penerima manfaat sebesar Rp600 ribu per bulan selama April, Mei dan Juni 2020.

Dinas PMD Sulteng, sebut Zubair, akan terus melakukan monitoring ke tingkat kabupaten, hingga desa agar penyaluran dana desa dapat segera direalisasikan dan sampai ke warga yang berhak menerima.