2.647 KK di Sulteng telah terima BLT dana desa

id Pmd sulteng,Pemprov Sulteng,Blt,Jaring pengaman sosial,Corona,Covid19

2.647 KK di Sulteng telah terima BLT dana desa

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sulteng, Zubair. ANTARA/HO/DPMD Sulteng

Palu (ANTARA) - Sebanyak 2.647 kepala keluarga di sembilan kabupaten di Sulawesi Tengah telah menerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa, untuk penguatan jaring pengaman sosial, seiring adanya penyebaran virus corona jenis baru (COVID).

"Sampai  28 April 2020 sudah ada 2.647 kepala keluarga yang telah menerima BLT Dana Desa di sembilan kabupaten," ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Zubair di Palu, Kamis.

Di Sulteng, jumlah Dana Desa tahun 2020 mencapai Rp1 Triliun 610 Miliar lebih yang diberikan kepada 1.842 desa dari 12 kabupaten di Sulteng.

Dinas PMD Sulteng mencatat kurang lebih Rp400 Miliar dari total Dana Desa itu dialihkan untuk BLT.

Zubair menyebut berdasarkan laporan yang masuk ke DPMD Sulteng bahwa, terdapat 37 desa di 21 kecamatan di sembilan kabupaten telah mulai menyalurkan BLT.

Kabupaten yang telah mulai menyalurkan BLT meliputi Kabupaten Banggai, Donggala, Tolitoli, Buol, Parigi Moutong, Tojo Una-una, Sigi, Banggai Laut dan Morowali Utara.

Sebelumnya, Kepala Dinas PMD Sulteng Zubair mengemukakan desa-desa yang telah melakukan penyaluran BLT, hal itu karena desa tersebut telah melakukan perubahan APBDes.

"Masih ada desa di kabupaten yang belum melakukan musyawarah, ini yang menjadi halangan dan masalah," sebutnya.

Kemendes-PDTT merilis total dana desa yang akan dialihkan menjadi bantuan langsung tunai mencapai Rp24,47 triliun atau sekitar 30 persen dari total anggaran dana desa yang dialokasikan dalam APBN 2020 sebesar Rp72 triliun.

Kemendes-PDTT juga merilis bahwa keluarga penerima manfaat sebesar Rp600 ribu per bulan selama April, Mei dan Juni 2020.