Calon Independen Menang Telak Di Kampung Kelahirannya

id Pilkada, Donggala, Anita, Kasman

Calon Independen Menang Telak Di Kampung Kelahirannya

Pasangan calon bupati Donggala Kasman Lassa/Vera Laruni dari pasangan independen unggul sementara dalam hitung cepat versi Idec. (adha nadjemuddin)

Kecenderungan perolehan suara kedua pasangan calon yang lolos pada putaran kedua tersebut cenderung bertahan dari awal perhitungan berbasis TPS.
Palu (antarasulteng.com) - Calon bupati Donggala, Sulawesi Tengah, dari jalur independen Kasman Lassa/Vera Laruni menang telak di kampung kelahirannya Desa Kola-Kola, Kecamatan Banawa Tengah.

Data perolehan suara sementara yang masuk di pusat tabulasi data perhitungan cepat berbasis tempat pemungutan suara (TPS) di markas pemenangan Kasman/Vera menyebutkan pasangan nomor urut 04 itu unggul 798 suara dari dua TPS di Desa Kola-Kola.

Sementara calon pasangan nomor urut 08 Anita Nurdin/Abdul Chaer hanya meraup 55 suara.

"Bapak dari Pak Kasman Lassa itu orang Kola-Kola. Sementara ibunya dari Desa Lero, Kecamatan Sindue," kata Amir Sidik Lamporo, salah seorang tim sukses pasangan Kasman/Vera.

Sementara di Desa Lero, dari lima TPS Kasman/Vera unggul empat TPS, sedangkan Anita/Chaer unggul satu TPS yakni TPS 02. Di TPS ini Kasman/Vera hanya mendapat 84 suara sementara Anita/Chaer unggul 111 suara.

Hasil sementara menyebutkan basis-basis yang diklaim dari pasangan Anita/Chaer seperti Kecamatan Sirenja unggul 55 persen. Sementara Kasman/Vera hanya 45 persen.

"Baru sebagian suara yang masuk. Jadi, masih ada perubahan," kata koordinator penghitungan suara dari Indonesian Development Engineering Consultant (Idec) Akmal.

Dia mengatakan kecenderungan perolehan suara kedua pasangan calon yang lolos pada putaran kedua tersebut cenderung bertahan dari awal perhitungan berbasis TPS.

Hingga pukul 15.30 WITA, posisi Kasman/Vera 57 persen, sementara Anita/Chaer 43 persen.***1***