Mantan Kapolres Palu jadi juru bicara Polri

id Achmad Ramadhan,Jubir Mabes Polri,Kapolres Palu

Mantan Kapolres Palu jadi juru bicara Polri

Kombes Pol Achmad Ramadhan, Kabidpenum DIvisi Humas Mabes Polri yang akan menjadi jurubicara Mabes Polri. (Div.Humas Mabes Polri) (ANTARA/HO-Divhumas Polri)

Palu (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melalui Surat Telegram (TR) Nomor ST/1383/V/KEP./2020 menunjuk Kombes Ahmad Ramadhan sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri. 

Kombes Ahmad yang pernah menjabat Kapolres Tolitoli dan Kapolres Palu itu menggantikan posisi Kombes Asep Adi Saputra yang dipromosikan sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk II Sespim Lemdiklat Polri. 

Sebelum dipromosi ke jabatan Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri, Ahmad Ramadhan menjabat Analis Kebijakan Madya Keamanan Negara (Kamneg) pada Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri. 

"Basic saya intel, begitu lulus Sespimti, langsung Anjak Madya Bidang Kamneg Baintelkam Polri," kata Ahmad kepada wartawan, Jumat (8/5). 

Meski begitu, penugasan Ahmad pernah juga bersinggungan dengan wartawan saat menjabat sebagai Kabid Humas Polda Bangka Belitung. Namun Ahmad mengaku saat itu peran humas belum strategis seperti saat ini. 

"Tapi Kabid Humas tempo dulu, peran humas belum kayak sekarang, humas dulu lebih kepada penyampai informasi saja," ujarnya. 

Alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 berharap cepat beradaptasi dengan wartawan yang menurutnya sebagai mitra strategis dalam hal penyampaian informasi yang sehat, sesuai fakta dan tentunya bermanfaat kepada publik. 

"Menurut saya humas dan media itu mitra, saling membutuhkan," tegasnya. 

Pada prinsipnya, mantan Kapolres Toli-toli dan Kapolres Palu, Polda Sulawesi Tengah ini mengakui kerja intelijen dengan wartawan tidak jauh berbeda, sama-sama mencari informasi dan menggalinya. Yang membedakan hanya informasi yang disampaikan. 

"Kalau wartawan untuk dipublikasikan umum, intelijen informasinya untuk pimpinan. Sama-sama mencari berita, mencari info, kalau kita bukan berita mencari info, kita Pulbaket (mengumpulkan bahan keterangan), yang berisi informasi data dan fakta," urainya. 

Kombes Ahmad Ramadhan merupakan menjabat Kapolres Toli-Toli selama 2 tahun (2009-2011) lalu dimutasi sebagai Kapolres Palu dua tahun berikutnya (2011-2013). Ia juga pernah menjabat sebagai Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Tanjung Pinang, Kepulauan Riau pada Mei 2016. 

Perwira menengah dengan panggilan akrab Ramdahan ini lahir di Lampung, 2 Desember 1969 dan kini dikaruniahi empat anak. Pekerjaan orang tuanya sebagai pensiunan Pegawai Negeri Sipil membuatnya cukup akrab dengan pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat. (Sumber:Divisi Humas Mabes Polri)