Rektor IAIN Palu: Ramadhan istimewa karena Al Quran turun

id IAIN Palu,Prof Sagaf S Pettalongi,Nuzulul Quran

Rektor IAIN Palu: Ramadhan istimewa karena Al Quran turun

Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menguji salah satu dosen tetap PNS baca tulis Alquran, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettongi MPd, di Palu, Sabtu malam mengemukakan bahwa Ramadhan menjadi salah satu bulan yang istimewa dan bulan yang mulia, karena salah satu sebabnya karena adanya Al Quran diturunkan oleh Allah SWT.

"Oleh karena Al Quran diturunkan pada Bulan Ramadhan maka Allah jadikan bulan Ramadhan sebagai bulan yang istimewa. Dalam Quran Surah Alqadar disebutkan 'Lailatul qadri khairul min alfi syahrin', bahwa malam diturunkannya Al Quran itu adalah lebih baik dari seribu bulan," kata Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd.

Nuzulul Quran, kata Prof Sagaf merupakan malam Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang disampaikan oleh malaikat Jibril.

Turunnya Al Quran di Bulan Ramadhan, dinyatakan dalam Quran Surah Al-Baqarah Ayat 185.

Prof Sagaf yang juga Wakil Umum MUI Sulteng menyebut, turunnyaAl Quran merupakan momentum sekaligus peresmian pengangkatan Muhammad sebagai Nabi dan Rasul Allah.

"Oleh karena Al Quran diturunkan di bulan Ramadhan, maka Ramadhan itu sendiri sesungguhnya adalah bulan-nya Al Quran," ucap Prof Sagaf Pettalongi MPd.

Ia menegaskan, sesuai Firman Allah dalam Surah Baqarah Ayat 185 bahwa Al Quran diturunkan untuk menjadi petunjuk bagi manusia dan pembeda antara yang hak dan yang bathil.

Karena itu, ia menegaskan,Al Quran bagi Umat Islam harus diposisikan sebagai sumber petunjuk dan rujukan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Baik masalah kehidupan duniawi maupun ukhrawi.

Maka salah satu amalan yang penting untuk dilakukan di Bulan Ramadhan selain berpuasa, qiyamulail dan bersedekah, juga harus memperbanyak membaca Al Quran.

"Momentum Nuzulul Quran penting dijadikan sebagai refleksi dan menjadikan tuntunan atas berbagai nilai-nilai dalam kehidupan kita dengan cara mengkaji dan mentadabburAl Quran," sebutnya.