Gugus COVID-19: Tidak ada zona hijau di Sulteng

id Zona sebaran COVID Sulteng

Gugus COVID-19: Tidak ada zona hijau di Sulteng

Seorang petugas menyemprotkan desinfektan di ruang rawat darurat RSUD Undata Palu, salah satu RS rujukan pasien COVID-19 di Sulteng. (Adha Nadjemuddin)

Palu (ANTARA) - Tim Kesehatan Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah menyebutkan tidak ada lagi zona hijau di provinsi tersebut berdasarkan kriteria zona panyebaran virus corona.

"Itu hasil koordinasi dengan tim Kesehatan Gugus Tugas COVID-19 Pemprov Sulteng," kata Juru Bicara Pusdatina COVID-19 Sulteng Haris Karimin di Palu, Kamis.

Dia mengatakan berdasarkan koordinasi tersebut disebutkan bahwa zona hijau adalah negara atau wilayah tanpa kasus yang dikonfirmasi, atau tanpa ada pelancong yang terinfeksi yang datang dari negara atau wilayah lain.

Berikutnya kata Haris, zona kuning adalah negara atau daerah dengan beberapa kasus penularan lokal, tetapi tanpa kelompok penularan komunitas.

Haris mengatakan kabupaten yang masuk dalam kategori zona ini adalah Donggala, Tojo Unauna, Banggai Laut, Parigi Moutong.

Sementara zona orange sebut Haris adalah negara atau wilayah yang berdekatan dengan zona merah atau dengan kelompok kecil.

Kabupaten yang masuk dalam kategori zona orange sebut Haris adalah Sigi, Poso, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Kepulauan dan Tolitoli.

Sedangkan zona merah adalah negara atau wilayah yang telah mempertahankan transmisi komunitas. "Kota Palu dan Kabupaten Buol masuk dalam zona merah," katanya.

Hingga kini jumlah kasus positif COVID-19 di Sulteng mencapai 115 kasus terbanyak di Kabupaten Buol dan Kota Palu.