Bupati Sigi minta Kades buat pengumuman daftar nama penerima BLT

id DANA DESA,BLT DANA DESA,PEMKAB SIGI,BUPATI SIGI

Bupati Sigi minta Kades buat pengumuman daftar nama penerima BLT

Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta (kemeja putih) meninjau langsung penyaluran BLT Dana Desa di kabupaten yang dipimpinnya, agar penyalurannya tepat sasaran. ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi

Data penerima BLT Dana Desa harus disampaikan dengan menggunakan media sosialisasi seperti baliho dan sebagainya, agar diketahui oleh warga
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta mengharuskan setiap desa di kabupaten yang dipimpinnya membuat pengumuman daftar nama-nama warga  penerima bantuan langsung tunai dari Dana Desa.

"Data penerima BLT Dana Desa harus disampaikan dengan menggunakan media sosialisasi seperti baliho dan sebagainya, agar diketahui oleh warga," ucap Mohammad Irwan Lapatta di Sigi, Sabtu.

Bupati Sigi Mohammad Irwan rutin turun langsung ke desa-desa mengawal jalannya pencairan dan penyaluran BLT Dana Desa, agar tepat sasaran.

Saat ke desa Mohammad Irwan menginstruksikan kepada desa untuk menyosialisasikan data penerima BLT Dana Desa beserta kriteria dan syarat penerima.

Ia menyampaikan jika ada warga desa yang memenuhi kriteria dan syarat, namun tidak termasuk sebagai penerima maka harus segera ditindaklanjuti oleh desa.

"Sehingga jika ada warga yang belum terdata dapat langsung dilaporkan kepada pemerintah setempat, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," sebutnya.

Bantuan langsung tunai (BLT) merupakan salah satu program pemerintah dalam situasi darurat adanya penyebaran COVID-19, yang tujuannya untuk penguatan jaring pengaman sosial.

Dengan begitu, kata dia, jika ada hal-hal yang belum jelas bagi masyarakat di desa terkait dengan BLT Dana Desa, maka harus segera berkomunikasi dan dikordinasikan dengan pemerintah atau pihak terkait lainnya di desa.

Baca juga: Bupati Sigi: BLT diberikan selama tiga bulan dalam darurat COVID-19
Baca juga: Bupati Sigi kawal penyaluran BLT Dana Desa agar tepat sasaran
Baca juga: Bupati Sigi harap BLT dana desa tepat sasaran


Dia menerangkan Pemkab Sigi hanya menindaklanjuti instruksi dari Kementerian Desa PDTT terkait dengan penyaluran dan pencairan BLT Dana Desa.

"BLT Dana Desa ini merupakan program nasional pemerintah yang melekat di Kementerian Desa. Nah, Pemkab Sigi hanya menjalankan instruksi dari kementerian tersebut," ujarnya.

Berdasarkan instruksi pemerintah pusat, BLT Dana Desa untuk tiga bulan pertama mulai April, Mei dan Juni setiap bulannya warga menerima Rp600.000.

Selanjutnya, sebut dia, berdasarkan surat kebijakan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan maka BLT Dana Desa untuk bulan Juli, Agustus dan September sebesar Rp300.000/bulan.

Di Sigi saat inj sudah 80-90 persen desa mulai melakukan penyaluran BLT dana desa. Di Kabupaten Sigi, terdapat sekitar 176 desa dengan total dana desa Tahun 2020 kurang lebih Rp149,948 miliar. Dari total anggaran tersebut rata-rata setiap desa mengalokasikan 30 persen untuk BLT dana desa.
 
Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta (kemeja putih/masker hijau) meninjau langsung penyaluran BLT Dana Desa di kabupaten yang dipimpinnya, agar penyalurannya tepat sasaran (ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi)



 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar