Bupati Sigi : Desa harus akomodasikan warga yang berhak menerima BLT

id BLT DANA DESA,DESA,PEMKAB SIGI,BUPATI SIGI

Bupati Sigi : Desa harus akomodasikan warga yang berhak menerima BLT

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta (kemeja putih) memantau langsung penyaluran BLT Dana Desa di kabupaten yang dipimpinnya, agar penyalurannya tepat sasaran (ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi)

Masyarakat desa yang belum mendapatkan bantuan BLT-DD ini, namun memenuhi kriteria agar diakomodasikan oleh desa
Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyatakan pemerintahan desa harus mengakomodasikan warga yang memenuhi kriteria dan berhak menerima bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa sebagai bagian dari penguatan jaring pengaman sosial di masa pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

"Masyarakat desa yang belum mendapatkan bantuan BLT-DD ini, namun memenuhi kriteria agar diakomodasikan oleh desa," ucap Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, di Sigi, Selasa.

Di Kabupaten Sigi, terdapat sekitar 176 desa dengan total dana desa Tahun 2020 kurang lebih Rp149,948 miliar. Dari total anggaran tersebut rata-rata setiap desa mengalokasikan 30 persen untuk BLT dana desa.

Warga yang terdaftar dan layak untuk menerima BLT Dana Desa akan menerima bantuan senilai Rp600.000 selama tiga bulan, April, Mei dan Juni.

Di Sigi, kata Bupati, sekitar 80 - 90 persen desa mulai menyalurkan BLT Dana Desa untuk mendukung upaya jaring pengaman sosial di tengah wabah virus corona jenis baru itu.

"Caranya yaitu meminta penambahan kuota ke Bupati, lalu kemudian diikutkan dengan rekomendasi secepatnya, agar yang belum menerima bisa segera menerima," ujarnya.

Bupati menjelaskan bahwa BLT Dana Desa merupakan salah satu program Pemerintah Pusat yang melekat pada Kementerian Desa bertujuan untuk menjaga stabilitas ekonomi warga dan jaring pengaman sosial.

Baca juga: Bupati Sigi minta Kades buat pengumuman daftar nama penerima BLT
Baca juga: Bupati Sigi: BLT diberikan selama tiga bulan dalam darurat COVID-19
Baca juga: Bupati Sigi kawal penyaluran BLT Dana Desa agar tepat sasaran


Karena itu, ia mengemukakan, Pemkab Sigi hanya bertindak menindaklanjuti instruksi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT).

Dengan begitu apabila ada hal-hal yang tidak dipahami oleh masyarakat di desa, berkaitan dengan pencairan BLT Dana Desa, maka bisa ditanyakan langsung kepada pemerintah di desa.

"Kepada masyarakat desa jika ada sesuatu yang tidak dipahami, agar dikoordinasikan dengan kepala desa, kepala dusun, dan semua yang terkait sehingga tidak terjadi kesalahpahaman," imbuh Bupati.
Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta (kemeja putih) memantau langsung penyaluran BLT Dana Desa di kabupaten yang dipimpinnya, agar penyalurannya tepat sasaran (ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi)
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar