Rusia izinkan penonton hadiri pertandingan sepak bola bulan depan

id liga utama rusia, kelanjutan liga eropa, olahraga terdampak corona,liga sepakbola rusia

Rusia izinkan penonton hadiri pertandingan sepak bola bulan depan

Gelandang Zenit St. Petersburg Magomed Ozdoev bersama rekan-rekannya dalam sebuah pertandingan Liga Champions pada 27 November 2019. Ketika kompetisi Rusia bergulir lagi Zenit tengah memimpin klasemen liga ini. (AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Jakarta (ANTARA) - Pihak berwenang Rusia mengatakan pada Kamis bahwa sejumlah kecil penonton akan diizinkan berada di stadion ketika Liga Utama negara tersebut memulai kembali musim yang ditangguhkan, bulan depan.

Pada pertengahan Mei, asosiasi sepak bola Rusia mengatakan bahwa Liga Utama negara tersebut akan memulai kembali musim yang terhenti mulai 21 Juni secara tertutup.

Namun pada Kamis, asosiasi tersebut mengatakan telah menyetujui kompromi dengan pengawas kesehatan konsumer negara itu, menambahkan penonton pada awalnya akan diizinkan untuk mengisi 10 persen tempat duduk di stadion.



"Ini jumlah penonton yang aman jika semua langkah-langkah keamanan diperhatikan," kata asosiasi itu, dikutip oleh portal anti virus corona resmi negara tersebut seperti disiarkan AFP, Jumat.

Wakil Perdana Menteri Dmitry Chernyshenko mengatakan, dukungan penonton adalah penting bagi pemain, menyebutnya sebagai "komponen emosional khusus dari sepak bola."

Karena wabah virus corona pertandingan sepak bola telah ditangguhkan di Rusia sejak 17 Maret.



Liga Utama Rusia, divisi teratas sepak bola di negara tersebut, masih mempunyai delapan putaran pada musim ini.

Rusia mempunyai kasus terbesar ketiga di dunia dengan 379.051 yang terkonfirmasi, di bawah Amerika Serikat dan Brazil.

Pada Selasa, Presiden Vladimir Putin mengatakan, mengutip para ahli, bahwa negara tersebut telah melewati puncak infeksi virus corona.