Leverkusen kalahkan Freiburg 1-0 naik ke posisi ketiga

id kai havertz,leverkusen,liga jerman,freiburg,bundesliga

Leverkusen kalahkan Freiburg 1-0 naik ke posisi ketiga

Gelandang serang Bayer Leverkusen Kai Havertz (kanan) merebut bola dari penguasaan pemain SC Freiburg Dominique Heintz dalam laga lanjutan Liga Jerman di Stadion Schwarzwald, Freiburg, Jerman, Jumat (29/5/2020) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Ronald Wittek)

Jakarta (ANTARA) - Gol tunggal yang dicetak Kai Havertz mengantarkan Bayer Leverkusen naik ke posisi ketiga klasemen Liga Jerman setelah mengalahkan tuan rumah SC Freiburg 1-0 dalam laga pekan ke-29 di Stadion Schwarzwald, Sabtu WIB.

Gol itu dicetak Havertz lewat tembakan sudut sempit memanfaatkan umpan terobosan dari Leon Bailey pada menit ke-54.

Berkat kemenangan tersebut, Leverkusen kini mengoleksi 56 poin dan menggusur RB Leipzig (55) dari posisi ketiga, sembari menunggu pesaingnya itu memainkan pertandingan pekan ke-29 mereka pada Selasa (2/6) WIB.

Sedangkan Freiburg (38) tertahan di urutan kedelapan dan terancam melorot jika Schalke 04 (37) bisa menang pada Sabtu malam, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Sepanjang laga catatan statistik memperlihatkan Leverkusen menguasai 69 persen pengendalian bola, tetapi hanya sekali dari tujuh percobaan tembakan mereka yang menemui sasaran.

Peluang bagus awal yang diperoleh Leverkusen terjadi pada menit ke-25 ketika Nadiem Amiri mengirimkan umpan silang dalam situasi sepak pojok yang disambut oleh Sven Bender, sayang tandukannya masing melenceng dari gawang.

Sebaliknya Freiburg balik mengancam dua menit jelang turun minum ketika Roland Sallai melepaskan umpan terobosan yang berusaha diselesaikan oleh Lucas Hoeler, tetapi tembakannya masih melebar di sisi kanan gawang.

Tepat di pengujung babak pertama Bender lagi-lagi memperoleh peluang dari bola udara, yang sayangnya masih belum menemui sasaran.

Selepas gol Havertz untuk Leverkusen, tuan rumah berusaha bangkit dan mulai mengerahkan tendangan-tendangan spekulasi termasuk dari Jonathan Schmid dan Nils Petersen yang masih bisa dihalau barisan pertahanan tim tamu.

Dua menit jelang bubaran kiper Lukas Hradecky melakukan penyelamatan atas sepakan Petersen demi mengamankan tiga poin penuh bagi Leverkusen saat waktu penuh.

Susunan pemain:

SC Freiburg (4-4-2): Alexander Schwolow; Lukas Kuebler (Manuel Gulde), Philipp Lienhart, Dominique Heintz, Christian Guenter; Roland Sallai (Jonathan Schmid), Robin Koch (Mike Frantz), Nicolas Hoefler, Vincenzo Grifo (Kwon Chang-hoon); Lucas Hoeler (Luca Waldschmidt), Nils Petersen
Pelatih: Christian Streich

Bayer Leverkusen (3-4-3): Lukas Hradecky; Jonathan Tah, Sven Bender, Aleksandar Dragovic; Nadiem Amiri, Charles Aranguiz, Julian Baumgartlinger, Daley Sinkgraven (Lucas Alario); Florian Wirtz (Paulinho), Kai Havertz (Moussa Diaby), Leon Bailey (Edmond Tapsoba)
Pelatih: Peter Bosz