Toyota Indonesia siapkan solusi layanan mobilitas kirim spesimen COVID-19

id toyota,corona otomotif,toyota indonesia,donasi

Toyota Indonesia siapkan solusi layanan mobilitas kirim spesimen COVID-19

Toyota Indonesia siapkan layanan pengiriman spesimen pasien COVID-19 (ANTARA/TAM)

Jakarta (ANTARA) - Toyota Indonesia menyiapkan solusi mobilitas guna membawa spesimen pasien COVID-19 menuju ke laboratorium pengujian.

Bekerja sama dengan Toyota Mobility Foundation (TMF), Toyota Indonesia menyediakan empat Avanza terkoneksi dan tersanitasi untuk empat Puskesmas Jakarta Utara, antara lain wilayah Cilincing, Koja, Pademangan dan Penjaringan serta dua RSUD di Tanjung Priok dan Bekasi.

Layanan itu akan mengantar dan menjemput petugas medis dan mengirimkan spesimen pasien menuju ke Laboratorium pengujian.

“Melengkapi yang telah kami lakukan sebelumnya, kami bersyukur atas kerja sama dengan Toyota Mobility Foundation (TMF) ini dan kami berharap kegiatan ini dapat mendukung pekerjaan tenaga medis secara efektif ketika mereka berjuang melawan COVID-19, terutama di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, dalam siaran pers, Sabtu.

Agar layanan ini dapat bekerja secara efisien, disediakan sistem berbentuk aplikasi "On-Demand" dengan opsi untuk melakukan pre-booking pada layanan guna memudahkan tenaga medis memesan layanan antar-jemput.

Pre-booking juga memudahkan aplikasi untuk mencari rute jalan terbaik menuju lokasi.

Pengemudi dan kendaraan yang dipakai telah menggunakan standar operasional berdasarkan protokol kesehatan, antara lain alat pelindung diri, hand sanitizer, disinfektan rutin, air purifier, separator kabin, kursi berlapis plastik diganti berkala, physical distancing serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kegiatan itu melengkapi solusi mobilitas sebelumnya dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

“Kami berharap layanan ini bersama dukungan mobilitas lainnya seperti Toyota Dyna sebagai kendaraan disinfektan, Ambulance Kijang Innova, dan shuttle tenaga medis, dapat mengurangi hambatan mobilitas dan membantu meningkatkan kinerja para tenaga medis dalam mendukung kami -- warga negara Indonesia - selama pandemi," kata Vice President Director TAM Henry Tanoto.