Bupati Sigi ajak warganya jaga keanekaragaman hayati dan lingkungan

id Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta,Bupati Sigi,Pemkab Sigi,hari lingkungan hidup

Bupati Sigi ajak warganya jaga keanekaragaman hayati dan lingkungan

Pemkab Sigi menggelar peringatan hari lingkungan hidup se-Dunian tahun 2020 (ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi)

Bencana-bencana alam yang telah terjadi ini harus menjadi refleksi bagi kita semua, untuk menjaga kulitas hutan dan lahan, untuk keberlangsungan hidup kita

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohammad Irwan Lapatta mengajak warganya dan aparat pemerintah daerah setempat bersama-sama menjaga keanekaragaman hayati dan lingkungan demi keseimbangan hidup antara manusia dan alam.

“Mari kita terus menjaga keseimbangan manusia dan alam dalam kehidupan ini, dengan cara menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati dan lingkugan,” kata Irwan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunian 2020, di Sigi, Jumat.

Kabupaten Sigi, kata Irwan, merupakan salah satu wilayah di Sulteng yang kaya akan keanekaragaman hayati yang tumbuh di kawasan hutan lindung maupun di luar hutan lindung.

Ketersediaan ini kata dia, menjadi pendukung utama keberlangsungan keanekaraman hayati di hutan dan daratan lainnya.

Irwan mengatakan keanekaragaman hayati merupakan pondasi pendukung semua kehidupan di daratan, lautan dan udara, sekaligus mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia mulai dari kesehatan, penyediaan udara dan air bersih, makanan, obat-obatan dan mitigasi perubahan iklim.

“Merubah atau menghilangkan salah satu komponen dari jaringan keanekaragaman hayati akan menyebabkan seluruh sistem berubah dan menimbulkan dampak negatif bagi kehidupan manusia," katanya. 

Bupati berterima kasih kepada semua pihak yang peduli dan mendedikasikan diri dalam pelestarian keanekaragaman hayati dan lingkungan secara keseluruhan.

Pelestarian lingkungan termasuk menjaga kualitas hutan dan lahan di Kabupaten Sigi, menjadi salah satu langkah mitigasi untuk menghindarkan masyarakat dari bencana alam.

“Bencana-bencana alam yang telah terjadi ini harus menjadi refleksi bagi kita semua, untuk menjaga kulitas hutan dan lahan, untuk keberlangsungan hidup kita,” ujarnya.

Sebelumnya, hari lingkungan hidup se-Dunia tingkat Kabupaten Sigi telah dilaksanakan pada Kamis (11/6) dirangkai dengan penanaman pohon sebagai tindaklanjut dari program Sigi hijau.

Selain itu, juga dirangkai dengan peningkatan kapasitas pengelolaan sampah rumah tangga melalui sistem takakura.

Pada peringatan hari lingkungan hidup tingkat kabupaten tersebut, Bupati Sigi membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya, yang dilangsung secara virtual.

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menanam pohon pada peringatan hari lingkungan hidup se-Dunian tahun 2020 tingkat Kabupaten Sigi. (ANTARA/HO/Humas Pemkab Sigi)