Tips yang harus disiapkan sebelum Anda kembali ke mal

id mal, pusat perbelanjaan

Tips yang harus disiapkan sebelum Anda kembali ke mal

Ilustrasi orang memakai masker (instagram/karyadhea)

Jakarta (ANTARA) - Mal alias pusat perbelanjaan adalah alternatif hiburan bagi warga Jakarta, tempat hampir segala kebutuhan bisa dipenuhi lengkap dengan penyejuk ruangan, bebas dari cuaca panas menyengat di luar sana.

Walau sudah kembali beroperasi, ada beberapa penyesuaian dalam fase normal baru di mana pengunjung harus lebih berhati-hati karena virus corona baru (COVID-19) masih mengancam.

Sesuai anjuran asosiasi pusat belanja, barang-barang yang harus dipersiapkan bila Anda ingin kembali pergi ke mal dalam waktu dekat.

1. Masker cadangan
Memakai masker kini jadi norma saat bepergian ke luar rumah. Bukan cuma melindungi diri sendiri, tapi juga melindungi orang lain dari percikan ludah atau dahak ketika berbicara, batuk dan bersin. Jangan lupa siapkan masker cadangan di dalam tas, juga kantong untuk menyimpan masker yang lama.

2. Tisu
Tisu basah dengan kandungan antibakteri dapat membersihkan segala macam hal, termasuk mencuci tangan dalam keadaan darurat. Siapkan juga tisu kering. Selain untuk mengelap noda, tisu kering juga bisa jadi pelapis bagian dalam masker kain yang Anda pakai.

3. Perlengkapan salat
Karpet yang biasanya melapisi lantai musholla dalam pusat perbelanjaan kini tak boleh dipakai untuk sementara demi menekan risiko penyebaran virus corona. Sebagai gantinya, Anda sebaiknya membawa sendiri sajadah juga sarung dan mukena saat beribadah di musholla.

4. Hand sanitizer
Mencuci tangan secara rutin dengan sabun selama setidaknya 20 detik dapat mengurangi risiko penyebaran virus corona. Hand sanitizer adalah pilihan untuk membersihkan tangan bila Anda tak punya akses air dan sabun sepanjang waktu.

5. Siapkan kartu debit, kartu kredit atau aplikasi dompet virtual
Mengurangi kontak fisik di mal dapat dilakukan dengan mengganti pilihan pembayaran dari tunai menjadi non-tunai. Siapkan kartu debit, kartu kredit atau berbagai pilihan aplikasi dompet virtual yang lazim dipakai untuk membayar.

Sempatkan untuk mengisi saldo sebelumnya agar Anda bisa langsung membayar tanpa harus repot mengisi dompet virtual yang kosong.

6. Biasakan jaga jarak
Ingatlah selalu untuk menjaga jarak dengan orang lain ketika berada di tempat umum, termasuk di elevator dan eskalator. Toko-toko juga menerapkan pembatasan jumlah pengunjung untuk mencegah penularan virus corona akibat timbulnya kerumunan orang.

7. Pegang seperlunya
Jika Anda dulu terbiasa berpegangan kepada pegangan tangga dan benda-benda lain di area publik, ingatkan diri sendiri untuk tidak menyentuh barang-barang bila tidak diperlukan. Pengelola mal memang sudah diwajibkan untuk membersihkan area publik serta fasilitas seperti keranjang belanjaan dan pegangan tangan pada tangga, namun tak ada salahnya berjaga-jaga.


Baca juga: Mal di Jakarta mulai buka, pengunjung harus ikuti protokol
Baca juga: Jelang normal baru, Mal Ciputra tunggu kepastian pemerintah
Baca juga: Mal FX Jakarta bersiap fase new normal