WVI bantu alat kesehatan untuk atasi penyebaran COVID-19

id wvi

WVI  bantu alat kesehatan untuk atasi penyebaran COVID-19

WVI serahkan bantuan alat kesehatan. Manager WVI area Palu, Sigi dan Donggala, Sabtarina Dwi Febriyanti menyerahkan bantuan alat thermo gun kepada Sekretaris Daerah Kota Palu, Asri. (Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Wahana Visi Indonesia (WVI) sebagai salah satu lembaga kemanusiaan yang cukup eksis di Sulawesi Tengah memberi bantuan alat kesehatan sebagai upaya untuk mengatasi penyebaran sekaligus memutuskan mata rantai COVID-19 di wilayah Kota Palu, ibu kota provinsi itu.

Agustince Simatupang, iREACH Project Team Leader WVI Palu kepada ANTARA, Selasa, membenarkan proyek yang didukung Pemerintah Australia tersebut telah mendistribusikan alat kesehatan sebanyak 173 thermo gun kepada delapan Puskesmas, lima kecamatan, 24 kelurahan dan 107 Posyandu yang ada di wilayah-wilayah pendampingan iREACH projec di sekitar Kota Palu.

Penyerahan bantuan alat kesehatan kepada Pemkot Palu dilakukan langsung manager WVI Palu, Sigi dan Donggala, Sabtarina Dwi Febriyanti.

Pemberian bantuan thermo gun merupakan bentuk kontribusi aktif atas upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Palu, terutama mengingat telah terjadi lonjakan kasus yang signifikan pada beberapa hari lalu.

"Kami berharap bantuan alat kesehatan dimaksud bisa membantu pemerintah daerah, terutama para petugas yang ada di garda terdepan untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap orang yang keluar-masuk di wilayah Kota Palu, juga sekaligus memonitor mereka yang mungkin pernah kontak dengan pasien COVID-19.

WVI berharap ke depannya kerja sama dengan Pemkot Palu tetap terus berlanjut bukan hanya dalam hal pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19 saja, tetapi juga untuk segala sesuatu yang berkontribusi terhadap kesejahteraan anak.

Dinas Kesehatan Kota Palu sebelumnya menyampaikan kepada WVI kiranya dapat membantu alat kesehatan dimaksud, karena di beberapa Posyandu dan Puskesmas masih minim persediaan alat tersebut, bahkan ada yang sudah rusak sehingga tidak bisa lagi digunakan.

Berdasarkan informasi itu, kemudian WVI melalui proyek IREACH merealisasi pengadaan alat thermo gun sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Sementara Sekretaris Daerah Kota Palu, Asri menyambut dan memberikan apresiasi kepada pihak WVI yang telah membantu alat kesehatan yang memang sangat dibutuhkan itu.

Ia mengatakan alat tersebut bagian penting dalam mengikuti protap di masa pandemi dan normal baru COVID-19.

WVI adalah yayasan sosial kemanusiaan Kristen yang bekerja untuk kesejahteraan anak. WVI selalu berupaya membuat perubahan berkesinambungan pada kehidupan anak, keluarga dan masyarakat yang hidup dalam kemiskinan dan mendedikasikan diri bekerja sama dengan masyarakat paling rentan tanpa membedakan agama, ras, etnis dan gender.
WVI hadir sejak 1998 dan sudah ratusan ribu anak yang telah merasakan manfaat program pendampingan WVI.*