Liga Inggris kembali, ditandai nirgol dan diwarnai keputusan kontroversial

id Liga Inggris,Aston Villa,Sheffield United

Liga Inggris kembali, ditandai nirgol dan diwarnai keputusan kontroversial

Logo kompetisi sepak bola Liga Premier Inggris. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Liga Premier Inggris musim 2019/20 kembali bergulir setelah tertangguhkan sejak Maret karena pandemi COVID-19 ditandai dengan skor imbang 0-0 antara Aston Villa dan Sheffield United yang diwarnai keputusan kontroversial di Stadion Villa Park, Birmingham, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Insiden kontroversial itu terjadi tiga menit jelang turun minum, ketika gelandang Sheffield, Oliver Norwood, mengeksekusi tendangan bebas yang tajam dan menyulitkan barisan pertahanan Aston Villa.

Kiper Orjan Nyland berhasil menangkap bola, tetapi kemudian bersenggolan dengan rekannya sendiri, Keinan Davis, hingga berdiri memasuki garis gawang.

Tayangan ulang memperlihatkan bahwa bola yang berada di pelukan Nyland sudah melewati garis gawang, tetapi teknologi garis gawang tak memberi notifikasi apapun di jam tangan wasit Michael Oliver.

Lebih buruk lagi, asisten wasit video (VAR) yang menjadi sorotan atas banyak keputusan kontroversial di sepanjang Liga Inggris musim ini juga tak berbuat apapun untuk meninjau insiden tersebut.

Sementara Nyland mendapat "bantuan" dari keteledoran teknologi garis gawang dan VAR, Dean Henderson melakukan satu penyelamatan penting untuk Sheffield pada menit ke-60 saat ia menepis tembakan John McGinn yang mengarah ke pojok atas gawang.

Situasi nirgol bertahan hingga peluit tanda laga usai berbunyi, memaksa kedua tim berbagi poin dalam pertandingan kontroversial penanda kembalinya Liga Inggris tersebut.

Hasil imbang hanya cukup membuat Sheffield naik ke urutan keenam dengan koleksi 44 poin menggusur Wolverhampton (43), sedangkan Villa (26) tertahan di posisi ke-19, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Sheffield akan kembali menjalani laga tandang ke markas Newcastle United pada Minggu (21/6) ketika Villa menjamu Chelsea.

Susunan pemain:

Aston Villa (4-3-3): Orjan Nyland; Ezri Konsa (Ahmed Elmohamady), Kortney Hause, Tyrone Mings, Matt Targett; Conor Hourihane, Douglas Luiz, John McGinn (Marvelous Nakamba); Anwar El Ghazi (Trezeguet), Keinan Davis (Mbwana Samatta), Jack Grealish
Pelatih: Dean Smith

Sheffield United (3-5-2): Dean Henderson; Chris Basham, John Egan, Jack Robinson; George Baldock, Sander Berge (Luke Freeman), Oliver Norwood, John Lundstram, Enda Stevens; Oliver McBurnie (Lys Mousset), Billy Sharp (David McGoldrick)
Pelatih: Chris Wilder