Kemensos Bantu 3.469 RTSM di Palu

id kemensos. bantu, RTSM, Palu

Palu - Kementerian Sosial akan menyalurkan bantuan sosial kepada sebanyak 3.469 kk rumah tangga sangat miskin (RTSM) di Palu, Sulawesi Tengah.

"Ini salah satu dari beberapa program sosial dari kementerian sosial dalam rangka mengentaskan kemiskinan di daerah-daerah," kata Koordinator Wilayah program keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial RI untuk Sulteng Anshar Munir di Palu, Kamis.

Dalam acara sosialisasi yang dihadiri para camat, lurah dan sejumlah instansi terkait berlangsung di aula pertemuan Kantor Wali Kota Palu itu, Munir menjelaskan bahwa sasaran utama dari program tersebut adalah memutuskan rantai kemiskinan.

Juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan taraf hidup RTSM yang ada di empat kecamatan di wilayah Kota Palu.

Alokasi penerima bantuan sosial melalui PHK pada tahun anggaran 2012 ini berdasarkan atas usulan dari Dinas Sosial dan Tenaga Kerja setempat.

Kemungkinan masih ada warga yang masuk kategori RTSM, tetapi belum terdata sebagai penerima bantuan sosial pada tahun ini.

Mereka nanti akan mendapatkan bantuan sama pada tahap-tahap berikutnya setelah dilakukan verifikasi olah tim pendaping dan tenaga operator khusus yang direkrut oleh kementerian sosial.

Untuk tahap pertama ini sesuai data yang berhak menerima bantuan dimaksud baru 3.469 RTSM tersebar di Kecamatan Palu Barat 1.149 RTSM, Palu Timur 561 RTSM, Palu Selatan 839 RTSM dan Palu Utara 920 RTSM.

Berdasarkan kententuan bantuan sosial dalam bentuk uang tunai itu meliputi bantuan tetap sebesar Rp200 ribu per kk RTSM, bantuan pendidikan untuk anak SD/MI Rp400 ribu, bantuan pendidikan untuk SMP/MTs Rp800 ribu dan bantuan kesehatan ibu hamil Rp800 ribu.

Bantuan akan disalurkan dan dibayarkan empat kali dalam satu tahun melalui Kantor Pos Indonesia dengan membawa kartu peserta.

Total dana yang disediakan pemerintah pusat untuk program sosial tahun 2012 ini mencapai Rp1,6 trilyun.

Kota Palu kebetulan ditetapkan kementerian sosial sebagai salah satu penerima bantuan sosial program PKH 2012 di tanah air.

"Jadi untuk wilayah Sulteng Palu satu-satunya daerah yang mendapat alokasi PKH," katanya.

Karenanya, Munir mengingatkan kepada pihak kecamatan dan kelurahan untuk mengawasi dan mengawal ketat program tersebut.

Pemerintah menginginkan agar program ini mencapai sasaran yang diharapkan. Artinya mereka yang mendapatkannya adalah RTSM.

Sementara Sekretaris Daerah Palu Aminuddin Atjo Msi meminta agar semua yang terkait dalam program PKH memberikan data yang akurat agar kegiatan sosial yang diperuntukan bagi masyarakat sangat miskin bisa tepat sasaran.

"Saya minta tolong kepada camat dan lurah untuk memberikan data yang akurat. Jangan main-main mengajukan data RTSM yang tidak sesuai dengan kondisi di lapangan," katanya. (BK03)