Kodam Hasanuddin bantu edukasi masyarakat untuk berdisiplin

id Kodam XIV/Hasanuddin, COVID-19, protokol kesehatan, edukasi masyarakat

Kodam Hasanuddin bantu edukasi masyarakat untuk berdisiplin

Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Andi Muhammad di Makassar, Selasa (23/6/2020). ANTARA Foto/HO/Pendam Hasanuddin

Tugas kami memonitor masyarakat apakah memakai masker atau tidak, di situlah peran personel TNI untuk mengingatkan dengan menyampaikan pada masyarakat agar memakai maskernya
Makassar (ANTARA) - Kodam XIV/Hasanuddin membantu mengedukasi masyarakat untuk menegakkan kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

“Tugas kami memonitor masyarakat apakah memakai masker atau tidak, di situlah peran personel TNI untuk mengingatkan dengan menyampaikan pada masyarakat agar memakai maskernya. Penyampaian itu dengan sikap yang humanis, bilamana mereka tidak membawa masker, maka diberikan masker untuk dipakai, karena Satgas dibekali masker cadangan," kata Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI Andi Muhammad di Makassar, Selasa.

Dia mengungkapkan bahwa jajaran Kodam XIV/Hasanuddin sudah dibekali dengan pemahaman sekaligus pelatihan terkait penanganan masyarakat dalam membantu personel Polri di lapangan.

Selain itu, personel TNI yang ditugaskan di lapangan agar memperhatikan kapasitas area jumlah orang yang masuk dibatasi 50 persen dari isi ruangan tertentu dan koordinasi dengan pihak pengelola agar pelaksanaan suatu acara lancar dan tertib.

“Tak lupa atur masyarakat supaya antri tertib, jaga jarak dan memakai masker sesuai protokol kesehatan, jadi kita di sana saling mengedukasi," kata Andi Muhammad.

Kasdam juga meminta agar petugas menggunakan sarana yang ada seperti megaphone sebagai alat memberikan informasi agar jarak tetap terjaga.

Di dalam melaksanakan tugas, personel TNI diingatkan agar tidak arogan dan melakukan tindakan-tindakan yang menimbulkan kekerasan. Sebaliknya dalam memberikan edukasi ke masyarakat dilakukan dengan santun dan humanis, agar masyarakat sadar menggunakan masker dan tetap jaga jarak di kala wabah pandemi COVID-19 masih merebak guna memutus rantai corona jenis baru itu.