TNI bantu suku terpencil Togutil di Halmahera Timur

id Tugutil

TNI bantu suku terpencil Togutil di Halmahera Timur

Belasan suku Tugutil di pedalaman Pulau Halmahera Timur diberi alat tulis (Abdul Fatah)

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan pendidikan kepada masyarakat suku pedalaman supaya suku Togutil dapat berkembang dan mau bergabung untuk hidup dengan masyarakat
Ternate (ANTARA) - TNI melalui Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Armed 9 Kostrad turun mengajar untuk mengenalkan pendidikan kepada suku pedalaman Togutil di Kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara, sekaligus memberikan bantuan alat tulis untuk anak-anak setempat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan pendidikan kepada masyarakat suku pedalaman supaya suku Togutil dapat berkembang dan mau bergabung untuk hidup dengan masyarakat," kata Komandan Satgas Yonarmed 9 Kostrad Mayor Arm Andi Achmad Afandi melalui siaran pers yang diterima di Ternate, Rabu.

Dalam program ini, kata Andi, pihaknya menyiagakan personel Pos 6 Buli SSK III untuk melaksanakan kegiatan mengajar di Kampung Suku Togutil, Kecamatan Wasile, Kabupaten Halmahera Timur serta membagi-bagikan perlengkapan menulis kepada anak-anak suku pedalaman.

Masyarakat suku Togutil dilaporkan menyambut antusias kegiatan TNI itu ini dan masyarakat setempat mengapresiasi melalui upaya atas kepedulian personel Satgas Yonarmed 9 Kostrad dan mereka berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan lagi di kemudian hari.

"Suku Togutil merupakan salah satu suku di Indonesia yang hidupnya masih menghindari komunitas masyarakat pada umumnya sehingga mengalami keterbelakangan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kehadiran kami, diharapkan mereka dapat pengetahuan dan mau untuk hidup bergabung dengan masyarakat umum," ujarnya.

Dia menambahkan masyarakat suku Togutil menyambut dengan antusias kegiatan ini. Masyarakat mengucapkan terima kasih atas kepedulian personel Satgas Yonarmed 9 Kostrad. Mereka berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan lagi di kemudian hari.