Brazil catat rekor 42.725 kasus baru corona dalam 24 jam

id Brazil kembali catat rekor,42.725 kasus baru corona,Kementerian Kesehatan Brazil

Brazil catat rekor 42.725 kasus baru corona dalam 24 jam

Kuburan terbuka dan sudah terisi terlihat saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di pemakaman Vila Formosa, pemakaman terbesar di Brazil, di Sao Paulo, Brazil, Jumat (22/5/2020). Foto diambil dengan drone. (REUTERS/Amanda Perobelli/wsj/cfp)

Rio De Janeiro (ANTARA) - Brazil kembali mencatat rekor kasus virus corona dengan 42.725 kasus tambahan dalam 24 jam terakhir, menurut Kementerian Kesehatan Brazil pada Rabu.

Tercatat pula 1.185 kematian COVID-19 dalam kurun waktu yang sama.

Sejauh ini Brazil telah melaporkan hampir 1,2 juta kasus penyakit pernapasan, yang disebabkan oleh virus corona jenis baru, sejak pandemi mulai melanda.

Sementara jumlah total kematian COVID-19 mencapai 53.830, menurut kementerian.

Brazil merupakan negara terparah kedua yang dilanda wabah virus corona setelah Amerika Serikat. Mirip sikap Presiden AS Donald Trump, Presiden Brazil Jair Bolsonaro cenderung meremehkan risiko COVID-19. Itu sebabnya Bolsonaro juga dijuluki "Trump Tropis".



Sejak virus corona menjangkiti negerinya, Bolsonaro berselisih paham dengan otoritas medis di Brazil. Dua menteri kesehatannya telah meninggalkannya. 

Bolsonaro berpendapat ambruknya aktivitas perekonomian yang disebabkan karantina wilayah berdampak lebih mematikan ketimbang virus corona itu sendiri.

Berkali-kali Bolsonaro tampil di muka publik tanpa mengenakan masker untuk memperlihatkan bahwa dia tak merasakan kengerian atas ancaman corona. Meskipun obat anti malaria chloroquine dan hydroxychloroquine tak terbukti manjur mengatasi corona, Bolsonaro menganjurkan warganya meminum obat itu untuk melawan corona.

Bolsonaro, dalam upaya menentang kebijakan karantina wilayah yang diterapkan para gubernur negara bagian, bergabung dengan para demonstran yang turun di jalan-jalan memprotes kebijakan isolasi wilayah.

Popularitas dan dukungan terhadap pemimpin sayap kanan Brazil itu mengalami penurunan saat jumlah kematian dan penularan corona  terus meningkat. Namun Bolsonaro berkata bahwa tentara tak akan melengserkannya dari kekuasaan untuk menjaga demokrasi.

Reuters