Apindo Sulteng sambut positif akses transportasi kembali dibuka

id transportasi

Apindo Sulteng sambut positif  akses transportasi kembali dibuka

Ketua DPD Apindo Sulteng (kedua kanan), Ir Achrul Udaya SH.

Palu (ANTARA) - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulawesi Tengah menyambut positif keputusan pemerintah dengan membuka kembali akses transportasi udara menghadapi new normal dengan tetap mengacu protokol kesehatan COVID-19.

"Kebijakan ini tentu akan membangkitkan kembali dunia usaha secara perlahan-lahan," kata Ketua DPD Apindo Sulteng, Achrul Udaya di Palu, Kamis.

Ia mengatakan selama masa pandemi COVID-19 ekonomi nasional maupun daerah, termasuk di Provinsi Sulteng sangat terpukul.

Kalangan dunia usaha, termasuk sektor tansportasi, darat, laut dan udara mengalami kerugian cukup besar karena tidak adanya aktivitas perusahaan.

Namun, di masa normal baru ini, pemerintah membuka kembali pengoperasian moda transportasi dan kebijakan tersebut memberikan angin segar lagi bagi dunia usaha, bukan hanya kalangan pengusaha transportasi, tetapi juga masyarakat sebagai pengguna jasa.

Dia mengatakan kebijakan pemeritah tersebut harus disambut baik semua kalangan sebagai langkah mendorong kembali dunia usaha transportasi agar bisa bangkit lagi setelah beberapa bulan terakhir tidak bisa beroperasi.

Tetapi kata Achrul, perlu mendapat perhatian pemerintah adalah bagaimana agar masyarakat dimudahkan untuk melakukan perjalanan dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan gugus tugas COVID-19.

"Artinya, protokol kesehatan wajib dilakukan, tetapi masyarakat juga harus dipermuda untuk mendapatkan berbagai surat keterangan  kesehatan dalam melakukan perjalanan di masa normal baru," katanya.

Pemerintah kata Achrul harus menempatkan petugas kesehatan di setiap terminal pemberangkatan untuk melayani kebutuhan masyarakat terkait dengan persyaratan perjalanan yang dibutuhkan.

"Jadi mekanismenya yang harus dipersiapkan dengan baik agar masyarakat pengguna jasa transportasi tidak mengalami kesulitan saat hendak berpergian dari satu daerah ke daerah lainya," katanya.

Kebijakan pelonggaran pengoperasian moda transportasi oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan di masa new normal juga mendapat sambutan positif dari masyarakat pengguna jasa transportasi di Kota Palu.

"Saya senang pemerintah sudah membuka kembali pengoperasian transporrtasi setelah dihentikan selama masa pandemi COVID-19," kata Jemmy, seorang pelaku usaha biro perjalanan di Palu.

Menurut dia, langkah ini akan memberikan peluang yang baik bagi kalangan dunia usaha untuk bangkit kembali setelah cukup lama terpuruk karena pendemi COVID-19.