KPU Sigi distribusikan APD di 15 kecamatan

id pilkada,pilkada sigi 2020, pilkada serentak 2020

KPU Sigi  distribusikan APD di 15 kecamatan

KPU Sigi mulai distribusikan alat pelindung diri (APD) di seluruh wilayah. (Antara/Anas Masa)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawsi Tengah, dalam beberapa hari terakhir ini mulai mendistribusikan alat pelindung diri (APD) untuk kelancaran ferivikasi faktual calon bupati/wakil bupati dari independen di 15 kecamatan yang ada di daerah itu.

Ketua KPU Sigi, Hairil pada Senin, membenarkan pihaknya sudah menyalurkan APD di setiap kecamatan untuk kebutuhan PPK dan PPS yang ada di wilayahnya masing-masing.

Dia mengaku pendistribusian APD di beberapa wilayah di Sigi masih menghadapi tantangan, karena beberapa kecamatan belum didukung dengan prasana jalan yang memadai.

Seperti Kecamatan Pipikoro di wilayah Dataran Kulawi, kata dia, hingga kini belum memiliki prasana jalan yang memadai sehingga sedikit menghambat pendistribusian APD dan juga tentu logistik pilkada lainnya.

Namun demikian, sudah menjadi komitmen KPU untuk mendistribusikan logistik, termasuk APD sampai ke tangan PPK dan PPS.

Proses verifikasi faktual khusus pasangan calon bupati/wakil bupati dari jalur indenpenden harus berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan KPU. Karena itu, semua alat kesehatan yang dibutuhkan anggota PPK dan PPS harus sudah tiba sebelum proses verifikasi dimaksud dilakukan.

Sementara Bupati Sigi, Moh Irwan Lapata mengatakan semua kegiatan tahapan pilkada harus dilakukan sesuai protokol kesehatan COVID-19.

Protokol kesehatan wajib dilaksanakan guna memutuskan mata rantai penyebaran virus corona di masa normal baru ini.

Alat pelindung diri (APD) seperti masker, alat untuk cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh harus digunakan dan juga tetap menjaga jarak satu-sama lainnya. "Kalau boleh tidak perlu berjabat tangan," katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan mengikuti semua protokol kesehatan COVID-19.

Data KPU Sulteng menyebutkan ada empat kabupaten di Sulteng yang akan menjalankan verifikasi calon perseorangan yakni Kabupaten Tojo Una-Una, Banggai Laut, Sigi dan Poso.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar