IHSG Selasa Dibuka Melemah 3,86 Poin

id ihsg

IHSG Selasa Dibuka Melemah 3,86 Poin

IHSG mengalami penurunan Selasa(11/3) (antaranews)

Bila dalam perjalanannya sentimen yang ada kurang mendukung, tetap mewaspadai potensi penurunan
Jakarta,  (antarasulteng.com) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) Selasa dibuka melemah tipis 3,86 poin atau 0,08 persen menjadi 4.673,38.

Kepala Riset Trust Securities Reza Priyambada di Jakarta, Selasa mengatakan bahwa indeks BEI dibuka melemah tipis, namun dalam perjalanannya kembali berada di area positif seiring membaiknya mayoritas bursa saham di kawasan Asia.

"Membaiknya bursa saham Asia akan memberikan dampak positif bagi indeks bursa saham Indonesia pada perdagangan hari ini setelah pada perdagangan kemarin (10/3) indeks BEI mengalami koreksi," katanya.

Kendati demikian, lanjut dia, investor juga tetap patut mewaspadai posisi IHSG yang masih disekitar area jenuh beli (overbought), dikhawatirkan memberikan peluang koreksi lanjutan.

"Bila dalam perjalanannya sentimen yang ada kurang mendukung, tetap mewaspadai potensi penurunan," katanya.

Sementara itu, Analis Sinarmas Sekuritas Christandi Rheza Mihardja memperkirakan indeks akan bergerak berfluktuasi di level 4.658-4.710 poin.

"Pergerakan indeks hari Selasa ini akan dipengaruhi oleh keputusan tingkat suku bunga di Jepang yang diperkirakan dipertahankan di level nol persen dan data neraca perdagangan Jerman yang akan dirilis," katanya.

Sementara itu, lanjut dia, data ekspor China pada bulan Febuari yang lebih rendah dari estimasi diperkirakan masih akan memberikan sentimen negatif terhadap perdagangan hari ini, khususnya komoditas.

Bursa regional, diantaranya indeks Hang Seng menguat 3,74 poin (0,02 persen) ke level 22.268,67, indeks Nikkei naik 109,43 poin (0,72 persen) ke level 15.228,72 dan Straits Times menguat 15,35 poin (0,50 persen) ke posisi 3.142,34.(skd)