Buku seri "Mommyclopedia" suguhkan resep MPASI untuk penuhi nutrisi buah hati

id mpasi,buku,gizi anak

Buku seri "Mommyclopedia" suguhkan resep MPASI untuk penuhi nutrisi buah hati

Ilustrasi (Pixabay)

Beberapa penelitian menunjukkan fase kritis terjadinya malnutrisi adalah saat peralihan dari ASI menjadi MPASI
Jakarta (ANTARA) - Berbagai resep Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) dari dokter spesialis anak Meta Hanindita disuguhkan dalam buku "Mommyclopedia: 78 Resep MPASI", buku kelima dari seri "Mommyclopedia".

"Beberapa penelitian menunjukkan fase kritis terjadinya malnutrisi adalah saat peralihan dari ASI menjadi MPASI," tulis dr. Meta pada pengantar buku seperti dikutip dari siaran resmi Gramedia Pustaka Utama, Rabu.

"Oleh karena itu, para orangtua dan pengasuh bayi wajib dan penting sekali mendapatkan edukasi yang tepat mengenai praktik pemberian nutrisi optimal. Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang benar merupakan salah satu usaha pemberian nutrisi optimal."

Dokter yang meraih gelar spesialis anak serta konsultan di bidang Nutrisi dan Penyakit Metabolik dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Surabaya ini mengatakan, pilihan MPASI terbaik adalah buatan sendiri yang memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

Dalam buku tersebut, termuat beberapa contoh menu MPASI rumahan dengan bahan yang tersedia secara lokal dengan harga terjangkau.

Resep yang disajikan antara lain adalah bubur opor ayam, bubur udang tahu, tim semur daging tempe, tim cah ikan kembung, makaroni keju, siomay udang ayam, bitterbalen, nasi ayam katsu, nasi bakar tuna, mi tek-tek, dan agar-agar buah.

Tidak hanya resep makanan utama, dr. Meta juga menyertakan beberapa resep camilan anak, dengan pembagian kategori untuk anak berumur 6−8 bulan, 9−11 bulan, dan 12−23 bulan.

Menu dalam buku ini dapat dijadikan contoh secara garis besar, seberapa banyak porsi bahan makanan yang perlu diberikan kepada bayi dan anak sesuai usianya.

Informasi kandungan per porsi diberikan agar para orangtua dan pengasuh anak dapat memperkirakan cukup tidaknya makanan tersebut untuk memenuhi kebutuhan bayi. Orangtua atau pengasuh juga dapat memodifikasi menu MPASI menggunakan bahan makanan sejenis yang tersedia.

Buku "Mommyclopedia: 78 Resep MPASI" ini adalah buku kelima yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama dan merupakan buku dr. Meta yang ke-10.

Empat judul Mommyclopedia sebelumnya, yaitu "Panduan Lengkap Merawat Bayi (0-1 Tahun)", "Panduan Lengkap Merawat Batita, Tanya Jawab Tentang Nutrisi di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak", serta "567 Fakta tentang MPASI" telah terjual laris di berbagai toko buku dan toko buku daring.