Pemprov Sulteng jamin stok kebutuhan pokok untuk Idul Adha 2020

id sembako

Pemprov Sulteng  jamin stok kebutuhan pokok untuk Idul Adha 2020

Situasi pasar tradisional di Palu. ANTARA/Anas Masa

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah menjamin persediaan kebutuhan pokok masyarakat di seluruh kabupaten/kota di daerah itu menghadapi hari raya Idul Adha 2020 aman sehingga masyarakat tidak terlu khawatir.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulteng, Richard Armando Djanggola di Palu, Kamis, mengatakan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi di lapangan, ketahanan stok kebutuhan pokok dan lainnya di pasaran hingga saat ini masih memadai.

Menurut dia, tidak ada alasan bagi masyarakat untuk mengkhawatirkan, sebab selain stok tersedia dalam jumlah yang memadai, pemerintah melalui tim pengendalian inflansi daerah (TPID) dan satgas pangan di setiap kabupaten/kota di Sulteng rutin melakukan pengawasan dengan turun langsung ke pasar tradisional maupun modern.

"Pemerintah tetap rutin mengawal ketersediaan maupun perkembangan harga barang/bahan kebutuhan pokok di tingkat pengecer," kata dia.

Beberapa jenis kebutuhan stategis masyarakat yang banyak dibutuhkan menghadapi Hari Raya Kurban (Idul Adha 1441 Hijriah) yang jatuh pada 31 Juli 2020 dan mendapatkan perhatian pemerintah antara lain daging sapi dan kambing.

Kebutuhan daging pada hari raya tentu akan meningkat dibandingkan hari-hari biasa.

Karena itu, pemerintah memastikan ketersediaan daging dan kebutuhan lainnya di pasaran dengan melakukan monitoring ke pusat-pusat perbelanjaan, terutama pasar-pasar tradisional.

Khusus ternak kurban, Sulteng terbilang bisa memenuhi kebutuhan sendiri sehingga tidak perlu mendatangkan dari luar. Stok ternak sapi maupun kambing di seluruh kabupaten/kota di Sulteng cukup untuk memenuhi kebutuhan masayarakat.

Bahkan, kata dia, berdasarkan data dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sulteng, antarpulau ternak sapi keluar, terutama ke Kalimantan masih tetap berlangsung.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulteng, Abdullah Kawulusan membenarkan menyangkut ketersediaan pangan masyarakat selama ini tidak mengalami kekurangan, sebab produksi maupun distribusi dari sentra-sentra produksi berjalan lancar.

Selama masa pandemi COVID-19, stok berbagai jenis kebutuhan pokok dan lainnya di pasaran cukup tersedian, sebab distribusi berjalan lancar.

Soal kebutuhan daging untuk hari raya, Abdullah juga menjamin cukup aman.Produksi ternak sapi maupun kambing di Sulteng selama ini mencukupi kebutuhan masyarakat.

Begitu halnya dengan kebutuhan sehari-hari lainnya seperti beras, minyak goreng,gula pasir, bawang merah, bawang putih dan sayuran. Sulteng selama ini merupakan daerah produsen beras dan komoditi hortikultura.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar