Pasien COVID-19 Sulteng sembuh bertambah jadi 158 orang

id Pasigala ,Sulteng ,Antara ,Sandi ,Corona

Pasien COVID-19 Sulteng sembuh bertambah jadi 158 orang

Sejumlah penumpang kapal laut asal Pulau Kalimantan menjalani pemeriksaan kesehatan dan kelengkapan identitas di Pelabuhan Taipa di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (9/6/2020). Pemerintah Kota Palu terus memperketat pemeriksaan pelaku perjalanan yang memasuki wilayahnya guna mencegah penyebaran COVID-19 yang kembali meningkat di daerah tersebut. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah

Sudah lima hari terakhir tidak ada penambahan pasien positif COVID-19. Semoga situasi ini bisa bertahan hingga sisa 23 orang pasien COVID-19 yang masih dirawat dinyatakan sembuh

Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Muhammad Haris Kariming menyatakan pasien COVID-19 yang sembuh di daerah itu terus bertambah sehingga total menjadi 158 orang.

"Hari ini satu pasien COVID-19 dinyatakan telah sembuh. Dia warga Kabupaten Donggala," katanya di Kota Palu, Kamis malam.

Dengan demikian, kata Haris, saat ini 158 pasien COVID-19 yang menjalani isolasi, baik di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat maupun secara mandiri telah sembuh berdasarkan tes swab terakhir yang hasilnya negatif.

Baca juga: Dua pasien COVID-19 asal Sulsel yang dirawat di Kota Palu melarikan diri

Ia menjelaskan bahwa sejak lima hari terkahir tidak terjadi penambahan pasien terkonfirmasi positif COVID-19.

"Sudah lima hari terakhir tidak ada penambahan pasien positif COVID-19. Semoga situasi ini bisa bertahan hingga sisa 23 orang pasien COVID-19 yang masih dirawat dinyatakan sembuh," katanya, berharap.

Agar harapan itu terwujud ia meminta masyarakat tetap waspada dan tidak lengah.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat agar selalu menerapkan protokol penanganan COVID-19 pada diri sendiri dan anggota keluarga, seperti menerapkan jaga jarak fisik, memakai masker saat berada di luar rumah, mencuci tangan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Hari ini tidak warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP) baru dan selesai menjalani masa pemantauan 101 orang sehingga sisa ODP saat ini 117 orang," ujarnya.

Sementara satu orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) baru COVID-19 dan selesai menjalani pengawasan tiga orang sehingga PDP hari ini tersisa 19 orang.