Pasien sembuh dari COVID-9 di Sulteng terus meningkat

id Sulteng,Sandi,Antara,Corona

Pasien sembuh dari COVID-9 di Sulteng terus meningkat

Wali Kota Palu Hidayat (kanan) dan Direktur RSUD Madani Nirwansyah Parampasi (kiri) mengantar Anugrah (kedua kiri) dan Stenly (kedua kanan), dua pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh ke dalam mobil ambulans yang akan mengantarkan mereka pulang di RSUD Madani di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (29/5/2020). Sebanyak dua pasien positif COVID-19 yang menjalani perawatan di RSUD Madani dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang ke rumah. ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj.

Hari ini bertambah satu pasien COVID-19 asal Kabupaten Tolitoli yang sembuh. Sebelumnya pasien tersebut menjalani perawatan di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah daerah setempat

Palu (ANTARA) - Trend kesembuhan pasien positif COVID-19 di Sulawesi Tengah di masa normal baru semakin tinggi bahkan tidak ada lagi ketambahan pasien positif baru dalam sepekan terakhir.

Sejak seminggu terakhir pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh bertambah satu orang pada Jumat.

"Hari ini bertambah satu pasien COVID-19 asal Kabupaten Tolitoli yang sembuh. Sebelumnya pasien tersebut menjalani perawatan di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah daerah setempat," kata Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulteng, Muhammad Haris Kariming di Palu, Jumat petang.

Total pasien sembuh hingga saat ini telah mencapai 159 orang.

"Tersisa 22 orang pasien COVID-19 di Sulteng yang masih menjalani isolasi secara mandiri maupun di rumah sakit rujukan. Sementara lima orang meninggal dunia," ujarnya.

Sementara itu sembilan warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) COVID-19 telah selesai menjalani masa pemantauan dan dinyatakan negatif sehingga sisa ODP saat ini tersisa 108 orang.

"Hari ini tidak ada warga berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) baru, sementara dua orang selesai menjalani perawatan sehingga PDP di Sulteng tinggal 17 orang," tambahnya.

Haris berharap tidak ada lagi penambahan kasus COVID-19 di provinsi itu. 

Agar harapan itu terwujud ia meminta masyarakat terus waspada dan tidak lengah.

Dia juga mengimbau agar selalu menerapkan protokol penanganan COVID-19 pada diri sendiri dan anggota keluarga, seperti menerapkan jaga jarak, memakai masker saat berada di luar rumah, mencuci tangan, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).