KPU Parigi Moutong butuh 895 PPDP

id Ppdp, pilkada, sulteng, parigi moutong, kpu, abdul chair

KPU Parigi Moutong butuh 895 PPDP

Ilustrasi, Pilkada Serentak (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo/)

Jumlah itu sesuai kebutuhan daerah. Sekarang sedang dalam proses perekrutan
Parigi (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong membutuhkan sebanyak 895 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk membantu melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (PIlkada) Sulawesi Tengah 2020.

"Jumlah itu sesuai kebutuhan daerah. Sekarang sedang dalam proses perekrutan," kata Ketua KPU Parigi Moutong Abdul Chair, di Parigi, Minggu.

Dia menjelaskan pembentukan badan ad hoc merupakan bagian dari tahapan Pilkada 2020, sebagaimana rekomendasi KPU kepada Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk memfasilitasi pembentukan badan tersebut di masing-masing wilayah agar proses berjalan dengan baik.

Saat ini, lanjut dia, KPU sedang melaksanakan pemantauan terhadap proses perekrutan badan ad hoc di 23 kecamatan di kabupaten setempat. Hal itu dimaksudkan agar prosesnya terlaksana tepat waktu berdasarkan jadwal dan kegiatan.

"Sesuai tahapan, jadwal dan kegiatan, pemutakhiran data pemilih oleh PPDP dimulai tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Proses ini juga akan kami kawal di bantu PPK dan PPS setempat," ujar Chair.

Dia mengatakan sebelum badan ad hoc ini turun lapangan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih, para petugas wajib menjalani tes cepat COVID-19, mengingat situasi pandemi belum berakhir.

"Sebagaimana imbauan KPU RI, setiap kegiatan tahapan pilkada baik dalam bentuk tatap muka maupun secara virtual wajib mematuhi protokol kesehatan. Imbauan ini sebagai upaya menghindari risiko penularan virus corona," kata Chair.

Menurut dia, masa kerja badan ad hoc PPDP akan berlangsung selama 30 hari sejak jadwal dan kegiatan pencocokan dan penelitian data pemilih dimulai.

Pada Pilkada Sulteng 2020, KPU Parigi Moutong menyiapkan sekitar 895 TPS yang tersebar di 283 desa/kelurahan dari 23 kecamatan di kabupaten tersebut.

"Kami berharap seluruh tahapan hingga pemungutan suara 9 Desember nanti serta penetapan kepala daerah terpilih tidak ada kendala meskipun dalam situasi pandemi COVID-19," kata Chair.

Baca juga: KPU Parigi Moutong siapkan 895 TPS untuk Pilkada Sulteng 2020
Baca juga: KPU Parimo mulai sosialisasikan tahapan Pilkada Sulteng masa normal baru