Pemda salurkan 13 ton beras untuk ODP dan PDP corona di Parigi Moutong

id Dinsos, parigi moutong, CBP, Linjamsos, ariesto

Pemda salurkan 13 ton beras untuk ODP dan PDP corona di Parigi Moutong

Satuan tugas logistik Dinas Sosial Kabupaten Parigi Moutong mulai mendistribusi bantuan Beras Cadangan Pemerintah kepada masyarakat terdampak COVID-19 di kabupaten itu, Senin (6/7/2020). ANTARA/HO-Dinsos Parigi Moutong

Penyaluran batuan bervariasi. Paling sedikit takarannya 5,6 kilogram dan paling banyak 70 kilogram, sesuai jumlah jiwa dalam satu keluarga
Parigi (ANTARA) - Sebanyak 13 ton Cadangan Beras Pemerintah (CBP) disalurkan kepada warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

"Penyaluran bantuan ini dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama tiga ton disalurkan di wilayah Parigi, dan 10 ton sisanya disalurkan ke wilayah lainnya di kabupaten ini," kata Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Parigi Moutong Ariesto, di Parigi, Senin.

Ariesto menjelaskan, penyaluran bantuan tersebut berdasarkan jumlah jiwa yang dikuatkan dengan dokumen kependudukan sebagai perhitungan teknis yang berhak menerima.

Baca juga: DSLNG sumbang 2,5 ton beras dukung Pemprov Sulteng lawan COVID-19

Dikemukakannya, bantuan cadangan beras pemerintah merupakan upaya memberikan jaminan pangan terhadap masyarakat yang menjalani perawatan akibat dampak COVID-19, sebab di masa karantina tentu akan berpengaruh terhadap pendapatan mereka yang dirawat.

"Penyaluran batuan bervariasi. Paling sedikit takarannya 5,6 kilogram dan paling banyak 70 kilogram, sesuai jumlah jiwa dalam satu keluarga," katanya.

Baca juga: Sigi mulai salurkan bantuan beras untuk keluarga terdampak COVID-19

Dia mengatakan bantuan beras cadangan pemerintah tidak serta-merta diberikan, karena ada tahapan verifikasi oleh satuan tugas khusus logistik di bawah koordinasi Dinas Sosial setempat sesuai data yang diberikan masing-masing desa/kelurahan agar bantuan terserap dengan baik.

Selain mereka yang berstatus ODP, PDP maupun terkonfirmasi positif, pemerintah setempat juga akan menyalurkan bantuan cadangan beras pemerintah kepada korban banjir Desa Ogomolos, Kecamatan Mepanga, Parigi Moutong. 

Bantuan itu berdasarkan surat keputusan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat tentang tanggap darurat.

"Saat ini kami baru menyalurkan sekitar 817 kilogram beras di Kelurahan Maesa, dan dalam waktu dekat kami akan salurkan ke korban banjir serta masyarakat berstatus ODP, PDP maupun terkonfirmasi positif corona," kata Ariesto.
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar