KPU Sigi dapat tambahan Rp2,9 miliar dana pelaksanaan pilkada

id Pilkada Sigi,Bupati Sigi,Pemkab Sigi,pilkada di masa pandemi covid-19,pilbup sigi,KPU sigi,hairil

KPU Sigi  dapat tambahan Rp2,9 miliar dana pelaksanaan pilkada

Ketua KPU Sigi Hairil saat menandatangani NPHD untuk pelaksanaan pilkada tahun 2020. (ANTARA/HO-Humas KPU Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah mendapat penambahan anggaran senilai Rp2,9 miliar untuk pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 yang pelaksanaannya dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan virus Corona jenis baru atau COVID-19.

"Penambahan anggaran pilkada karena adanya pandemi, yang kami usulkan Rp3,7 miliar, namun yang disetujui Rp2,9 miliar. Anggaran ini melalui penganggaran APBN," kata Ketua KPU Sigi Hairil, di Sigi, Senin.

Sebelum adanya pandemi COVID-19, KPU bersama Pemkab Sigi telah melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) pada tanggal 1 Oktober 2019.

Karena itu, Hairil menyebut, anggaran KPU Sigi untuk pelaksanaan pilkada tidak berubah, tetap pada angka Rp30 Miliar. Namun, ada penambahan dari APBN senilai Rp2,9 Miliar. Sehingga total anggaran pilkada Sigi Rp32,9 miliar.

KPU Sigi bersama TAPD Sigi mengusulkan langsung ke pemerintah pusat terkait penambahan anggaran tersebut. Hal itu karena, kondisi keuangan dalam APBD Sigi sangat terbatas, sehingga tidak dimungkinkan lagi untuk dilakukan penambahan.

"Karena itu kami bersama TAPD Sigi bersepakat meminta dukungan anggaran melalui APBN, dan mendapat persetujuan," ujarnya.

Saat ini dana Rp2,9 miliar tersebut telah masuk ke Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran KPU Sigi. Dana tersebut diperuntukkan salah satunya untuk pengadaan alat pelindung diri.

KPU Sigi telah memulai kembali tahapan pilkada di antaranya yakni melakukan verifikasi faktual bakal calon perseorangan, kemudian melaksanakan bimbingan teknis PPK yang sedang berlangsung, setelah itu akan dilanjutkan dengan bimbingan teknis PPS, kemudian bimbingan teknis PPDP.

Kabupaten Sigi menjadi salah satu daerah di Sulteng yang akan melangsungkan pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati pada tahun 2020.

Terkait momentum itu, beberapa tokoh mulai mengampanyekan dan menyosialisasikan diri melalui alat peraga kampanye seperti baliho, poster, dan spanduk.

Mereka yang spanduk, poster, baliho telah tersebar ialah Iman Rahmat, Husen Habibu, Paulina, Mohammad Irwan Lapatta, Ilyas Nawawi, dan beberapa tokoh lainnya. Mohammad Irwan Lapatta yang saat ini menjabat sebagai Bupati Sigi, masih akan maju kembali di pilkada tahun 2020.

Namun, Mohammad Irwan Lapatta dikabarkan tidak lagi berpasangan dengan Paulina, melainkan menggandeng Samuel Yansen Pongi sebagai bakal calon wakil bupati nya. Sementara Paulina, kembali mencalonkan sebagai wakil bupati di pilkada Sigi berpasangan dengan Husen Habibu sebagai bakal calon bupati.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar