Sulteng targetkan enam emas karate di PON XX Papua

id karate

Sulteng  targetkan enam emas karate di PON XX Papua

Atlet-atlet karate Sulawesi Tengah dari salah satu perguruan karate di Palu berpose bersama. (Foto Antara/Anas Masa).

Palu (ANTARA) - Tim karate Sulawesi Tengah menargetkan meraih enam emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua karena cabang olahraga tersebut merupakan salah satu yang diunggulkan mampu menyabet medali.

"Itu target kami dan optimistis bisa terpenuhi," kata Cristo Mondolu, pelatih kepala tim karate Sulteng di Palu, Rabu.

Ia mengatakan untuk bisa memenuhi target tersebut, tentu butuh latihan lebih keras dan dukungan sarana dan prasana yang memadai.

Atlet karate yang dipersiapkan untuk tampil di PON selama ini tetap berlatih sesuai dengan jadwal yang telah diatur. "Kita tetap laksanakan latihan meski selama masa pandemi COVID-19 tentu tidak terlalu dipaksakan karena menyangkut kesehatan dan keselamatan atlet dan pelatih.

Latihan tetap berjalan dengan mamatuhi protokol kesehatan COVID-19.

Bahkan untuk mengenjot prestasi atlet, selama masa new normal, jadwal latihan ditingkatkan dari dua kali seminggu, kini menjadi lima kali.

Dalam pertemuan antara atlet, pelatih dengan Pengprov Forki Sulteng beberapa waktu lalu, baik atlet maupun pelatih telah meminta kepada pengurus Forki yang baru untuk memberikan perhatian penuh dan fokus kepada tim karate PON.

Perhatian dimaksud antara lain segera menetapkan nama-nama atlet yang lolos ke PON.

Karena selama ini yang diumumkan hanyalah by class dan bukan by name."Ini sangat penting agar atlet yang lolos ke PON bisa ditingkatkan kemampuannya agar mampu merebut medali," kata mantan karate nasional yang beberapa kali sukses mengharumkan nama Sulteng di iven nasional maupun internasional itu.

Sementara Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar Ponulele mengatakan berdasarkan data yang ada jumlah cabor yang dinyatakan lolos ke PON sebanyak 22 cabang.

cabang karate, kata dia, termasuk cabang yang lolos ke PON dan sangat diharapkan kembali bisa menyumbangkan medali seperti pada pelaksanaan PON tahun-tahun sebelumnya.

Saat PON XIX di Jabar pada 2016, karate Sulteng menyumbangkan sekitar empat medali.

Anwar juga meminta atlet dan pelatih saat latihan tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 guna menghindari penyebaran virus corona.

"Kita tetap laksanakan protokol kesehatan antara lain hindari tempat ramai, jangan dulu berjabat tangan,cuci tangan dan pakai masker saat keluar rumah," pinta dia.


 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar