Chevron-YKMI bangun Pustu percepat penanganan kesehatan di Sigi

id Chevron,YKMI,Pemkab Sigi,Pustu Plus Beka,Bupati Sigi,Mohammad Irwan Lapatta

Chevron-YKMI  bangun Pustu percepat penanganan kesehatan di Sigi

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyampaikan sambutan pada serah terima bantuan pembangunan Pustu Plus dari YKMI bekerja sama dengan Chevron. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Chevron bekerja sama dengan Yayasan Kemanusiaan Muslim Indonesia (YKMI) membangun satu unit Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus di Desa Beka, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, dalam rangka membantu pemerintah setempat dalam percepatan penanganan kesehatan di Sigi.

"Pembangunan Pustu Plus tersebut dalam rangka bantuan rekonstruksi pascabenca gempa bumi dan likuefaksi serta tsunami di Sulawesi Tengah termasuk di Kabupaten Sigi, pada 2018 lalu. Fasilitas kesehatan itu dapat dibangun kembali berkat sumbangan dari karyawan dan perusahaan Chevron," ucap Wahyu Budiarto selaku Sr VP Corporate Affairs PT Chevron Pacific Indonesia, Kamis.

Dia menjelaskan, Pustu Plus tersebut dibangun dari hasil sumbangan yang terkumpul dari para karyawan Chevron, dan ditambah kontribusi perusahaan melalui mekanisme matching fund.

"Artinya, dari dana yang terkumpul dari para karyawan, Perusahaan menambahkan sumbangan tersebut dengan jumlah yang sama, atau digandakan," ujarnya.

Lanjut dia, berbeda dengan fasilitas pustu pada umumnya, Pustu Plus Desa Beka menyediakan layanan perawat, bidan, dan dokter di bawah satu atap.

Ia mengatakan Pustu Plus tersebut telah selesai dibangun dan telah diserahkan kepada Pemkab Sigi melalui Bupati Mohammad Irwan Lapatta, pada Selasa 7 Juli 2020.

Ia menambahkan, untuk kesinambungan jangka panjang, pihak Chevron menekankan tentang pentingnya dukungan Pemkab Sigi, terutama Dinas Kesehatan, melalui penyediaan tenaga kesehatan yang diperlukan, pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas secara baik.

"Jika dikelola dengan baik, Chevron berharap Pustu Plus di Desa Beka ini dapat menjadi Pustu pencontohan bagi wilayah lainnya," sebutnya.

Terkait hal itu, Pembina YKMI Muchtar Razali menyampaikan syukur karena pembangunan Pustu Plus telah selesai dikerjakan dengan baik, dan
memuaskan.

"Hal ini tentu juga berkat dukungan dan doa dari berbagai pihak yang terlibat dalam proses pembangunannya," ungkapnya.

Ia menerangkan Pustu Plus tersebut dibangun mulai awal Oktober 2019. Bangunan fasilitas tersebut seluas 175 meter persegi dan berdiri di atas lahan 270 meter persegi.

"Lahan disediakan oleh Pemkab Sigi, hasil dari wakaf salah seorang tokoh masyarakat bernama Alimin," sebutnya.

Proses pembangunan berjalan sekitar enam bulan. Bangunan Pustu Plus dirancang dengan struktur yang ramah gempa, mudah diakses bagi penyandang disabilitas dan orang-orang berusia lanjut, serta memperhatikan prosedur standar keselamatan.

Terkait hal itu Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta berterima kasih kepada pihak Chevron dan YKMI yang telah membantu pemulihan sektor kesehatan Sigi pascabencana gempa dan likuefaksi.

"Bantu ini sangat berarti, atas nama pribadi dan masyarakat serta Pemkab Sigi berterima kasih kepada YKMI dan Chevron yang telah membangun Pustu Plus," ujar Mohammad Irwan Lapatta.
Foto bersama Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta bersama pihak Chevron dan YKMI disela-sela serah terima bantuan pembangunan Pustu Plus. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sigi)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar