Ruangguru sediakan fitur gratis dukung PJJ

id ruangguru,pjj,pembelajaran jarak jauh,belajar online

Ruangguru sediakan fitur gratis dukung PJJ

Produk ruangkelas dari Ruangguru. (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Platform belajar online Ruangguru menyediakan produk Ruangkelas secara gratis untuk mendukung sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara, melihat ketika berlaku Pembatasan Sosial Berskala Besar, masih banyak siswa dan guru yang kesulitan belajar secara online.

Pembelajaran Jarak Jauh masih akan digunakan untuk tahun ajaran baru.

"Berangkat dari keadaan tersebut, kami menghadirkan ruangkelas secara gratis yang kami harap dapat mempermudah guru dalam mengatur kegiatan belajar mengajar jarak jauh, dan siswa pun bisa mengikuti rencana belajar yang sudah ditentukan dengan baik, semua dalam satu platform sistem belajar," kata Belva, dalam keterangan resmi, dikutip Jumat.

Sekolah diminta untuk mendaftar ke situs Ruangguru untuk bisa menggunakan fitur-fitur di ruangkelas secara gratis.

Fitur ruangkelas memiliki Classroom, yang dirancang berfungsi seperti ruangan belajar. Guru dapat membuat kelas sesuai dengan kebutuhan, termasuk jangka waktu mengerjakan tugas dan materi belajar.

Classroom juga mmeiliki grup mengobrol, chat group, yang bisa digunakan untuk berdiskusi seputar materi belajar.

Ruangkelas juga memiliki fitur Tugas, guru bisa memberikan soal latihan baik dalam bentuk pilihan ganda maupun esai.

Lewat fitur Materi Belajar, guru bisa memberikan berbagai materi, antara lain video dan rangkuman belajar dari produk ruangbelajar. Guru juga bisa mengunggah materi buatan sendiri dengan cara mengunggah berkas atau melampirkan tautan.

Platform belajar online Ruangguru kini memiliki lebih dari 17 juta pengguna terdaftar serta akses ke lebih dari 300.000 guru privat.